Cara Kirim File dari PC ke Android Tanpa dan Dengan Kabel Data

By | Mei 23, 2020

Cara Kirim File dari PC ke Android – File yang ada di PC terkadang juga dibutuhkan sehingga Anda perlu mengirimnya ke Android agar bisa diakses kapan saja. Nah, ada 4 cara kirim file dari PC ke Android yang bisa Anda ikuti.

Transfer Data Pc Ke Android

Cara Kirim File dari PC ke Android Tanpa dan Dengan Kabel Data
Transfer data pc ke android

Transfer data dari pc ke android dilakukan apabila sewaktu-waktu pc/laptop anda ingin di install ulang windows ataupun agar memori internal pc nya menjadi luas.

Adapun alasan lain yaitu dengan tujuan mempermudah mencari file sehingga tidak susah-susah harus mengambil dan membuka laptop anda.

Berikut akan kami bagikan mengenai cara transfer data/file dari pc ke android dengan menggunakan 4 cara. Cara umum paling sering digunakan untuk mengirim file dari pc ke android yaitu lewat aplikasi Shareit. Akan tetapi pada artikel ini akan membahas mengenai cara transfer file dari pc ke android dengan kabel data dan tanpa kabel data.

Baca juga : Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Via Wifi

Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Dengan Kabel Data

Cara paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan kabel data. Anda hanya perlu menghubungkan port dengan kabel data, pengguna dapat mengaktifkan mode transfer data agar android mengizinkan data dari PC masuk ke memori internalnya.

Lebih jelasnya Anda menggunakan kabel data Micro USB atau Type C sesuai perangkat. Lalu apabila muncul opsi penggunaan smartphone, maka Anda hanya perlu memilih Transfer Files. Apabila opsi tidak muncul, maka pengguna hanya peru membuka Charging via USB pada bagian notifikasinya.

Setelah mengatur mode tersebut, lanjut untuk memindahkan file melalui File Explorer. Sebaiknya copy file lalu paste pada partisi dari memori smartphone. Jika Anda cut maka file di PC akan hilang secara permanen.

Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Tanpa Kabel Data

Cara Kirim File dari PC ke Android Tanpa dan Dengan Kabel Data
Cara Transfer file dari pc ke android tanpa kabel data

Cara Cepat Kirim File Dari Pc Ke Android Menggunakan Aplikasi

Telah banyak aplikasi yang dikembangkan oleh author untuk memudahkan cara kirim file dari PC ke android maupun sebaliknya. Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat menjadi solusi bagi pengguna yang terkadang lupa membawa kabel data atau tidak memiliki koneksi Bluetooth di PC.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi seperti ShareIt, Gmail maupun Whatsapp. Anda belum punya akun Whatsapp? Lihat cara membuat akun Whatsapp di mesin pencarian agar bisa mengirim file dengan mudah kapan dan di mana saja.

Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Via Bluetooth

Jika PC Anda memiliki fitur Bluetooth maka akan lebih baik karena tidak membuat Anda repot menggunakan kabel data. Pengguna harus melakukan pairing terlebih dahulu dengan kedua perangkat yang akan digunakan. Setelah proses pairing selesai maka pengguna dapat mengirim file dari PC ke android dengan lebih mudah.

Seperti halnya PC dengan Windows 10, pengguna harus masuk ke bagian Settings, kemudian Devices, dan klik tombol Add Bluetooth or other device untuk melakukan proses pairing. Klik Show hidden icons untuk mengirimkan file ke perangkat android, kemudian pilih Bluetooth dan opsi Send To.

Menggunakan Layanan Cloud

Layanan cloud juga telah banyak disediakan, Anda bisa menggunakan berbagai layanan cloud untuk berbagai file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Layanan cloud tersebut seperti Google Drive, Dropbox dan Microsoft OneDrive.

Terdapat hal menarik dari layanan cloud tersebut yakni Anda bisa menggunakannya melalui perangkat apapun sehingga benar-benar membantu untuk mengirim file dari PC ke android maupun sebaliknya. Kemudian Anda bisa mengunduh file tersebut melalui android. Sayangnya kegiatan ini dapat membuat kuota internet Anda terpotong karena sama seperti ketika Anda mendownload file lainnya di internet.

Demikianlah artikel mengenai cara mengirim file dari laptop ke hp dengan kabel data. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *