Cara Membuat Bot Telegram dengan Mudah Tanpa Coding

By | Mei 28, 2020

Membuat bot telegram – Saat ini telegram kembali lagi digemari banyak orang karena banyak kemudahan yang dihadirkan oleh media sosial ini. Khususnya dalam hal berkomunikasi Telegram memiliki banyak keunggulan dibanding dengan aplikasi sejenis lainnya, seperti ruang penyimpanan berbasis awan, mampu menampung banyak grup, aplikasi lebih ringan, tampilan yang menarik, dan juga tersedianya fitur bot.

Bisa dibilang fitur bot ini merupakan keunggulan dari Telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan lain. Buat kamu yang belum tahu, bot bisa dikatakan sebagai robot. Jadi kamu dapat memiliki akun yang dioperasikan oleh robot. Jika kamu ingin memanfaatkan fitur yang satu ini, berikut ini cara membuat bot Telegram dengan cepat dan mudah tanpa perlu belajar coding.

Tentang Telegram

Cara Membuat Bot Telegram
Cara Membuat Bot Telegram

Sebelum kamu mengetahui lebi dalam tentang bot pada Telegram, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu informasi tentang telegram. Telegram merupakan aplikasi layanan perpesanan yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi ini dapat dijalankan pada androdi, Ios, windows, dan perangkat lainnya.

Aplikasi ini pertama kali di rilis pada tahun 2013, dan saat ini sudah didownload lebih dari 500 juta kali di PlayStore. Aplikasi yang dikembangkan oleh Telegram FZ-LLC ini dapat digunakan untuk mengirim teks, foto, video, audio, stiker, dan berkas lainnya. Penggunaan Telegram saat ini hampir tersebar di seluruh dunia. Cara membuat bot di Telegram sama mudahnya dengan cara mendapatkan backlink, karena dapat dilakukan dalam hitungan menit saja.

Bot Telegram

Bot Telegram adalah robot yang bisa dijalankan pada Telegram. Bot tersbut bisa disebut sebagai aplikasi tambahan dan beroprasi di dalam Telegram. Jika anda membuat akun Telegram harus menggunakan nomor telepon maka bot ini tidak perlu sama sekali.

Anda bisa belajar membuat bot dengan mudah sama seperti mudahnya belajar seo untuk pemula. Dengan menggunakan bot tersebut maka berbagai kemudahan nantinya bisa anda dapatkan karena bot tersebut berjalan secara otomatis sesuai perintah anda.

Keuntungan Menggunakan Bot Telegram

Bot biasanya digunakan orang untuk memudahkan pekerjaan sehingga segala sesuatunya tidak harus dilakukan secara manual. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh bot Telergaram tersebut.

Melakukan Pembayaran Secara Otomatis

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan bot Telegram adalah bot tersebut bisa diatur untuk melakukan pembayaran secara otomatis. Jadi misalnya kamu memiliki tagihan yang perlu dibayarkan setiap tanggal tertentu, kamu bisa menggunakan bot Telegram untuk melakukan hal tersebut.

Melakukan Penerjemahan

Dengan bot Telegram tersebut juga kamu bisa mendapatkan bantuan penerjemahan karena bot tersebut bisa menerjemahkan berbagai bahasa dengan cepat dan akurat. Misalnya kamu ingin membaca suatu artikel dari bahasa asing tentang teknologi energi terbarukan, maka bot tersebut dapat membantu kamu untuk menerjemahkannya.

Pemberitahuan Ramalan Cuaca

Bot Telegram ini juga bisa digunakan sebagai pengingat atau memberitahukan banyak hal, seperti perkiraan ramalan cuaca. Jadi kamu bisa mengaturnya agar bot tersebut memberikan notifikasi untuk kamu tentang ramalan cuaca setiap pagi, atau kamu juga bisa mendapatkan informasi yang kamu inginkan seperti cara optimasi seo on page.

Pemberitahuan Kenaikan Atau Penuruan Harga

Dari bot Telegram tersebut, kamu juga bisa mendapatkan berita atau artikel yang sesuai dengan minat kamu, misalnya seperti info kenaikan atau penurunan harga, atau info terkait teknologi lcd dan led, info terkait teknologi open source, dan hal lainnya. Hal ini jelas sangat membantu dalam hal bisnis. Berbagai pemberitahuan lainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui bot Telegram tersebut.

Cara Membuat Bot Di Telegram

Secara umum bot Telegram bisa dibuat melalui dua cara, yakni dengan menggunakan coding, dan juga tanpa menggunakan coding. Bagi orang orang yang paham dengan dunia IT mungkin paham cara membuat bot Telegram menggunakan coding, tapi bagi masyarakat awam tentu hal ini tidak mudah.

Orang – orang IT bisanya menguasai dengan mudah hal hal terkait coding, termasuk juga menguasai cara menaikkan rating website menggunakan ilmu IT. Membuat bot Telegram tanpa menggunakan coding sebenarnya cukup mudah dilakukan. Berikut ini beberapa langkah yang dalam membuat bot Telegram.

Cari BotFather Melalui Telegram

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat Bot di telegram adalah dengan mengakses BotFather terlebih dahulu. BotFather merupakan bapak dari Bot teresbut. Disebut bapak bot karena hanya melalui BotFather tersebut bot pada telegram bisa dirancang atau diatur dengan mudah. Oleh karena itu anda harus mengaksesnya terlebih dahulu. Pada kolom pencarian di Telegram ketik BotFather, lalu klik untuk berinteraksi dengan BotFather tersebut.

Lakukan Pembuatan Bot Melalui BotFather

Setelah BotFather dibuka, akan muncul sebuah pemberitahuan apa saja yang bisa dilakukan oleh bot tersebut. Di bagian bawah terdapat tombol “start”. Klik tombol “start” tersebut untuk memulai pembuatan Bot. Setelah itu, pilih “newbot” untuk memulai proses pembuatan bot tersebut.

Lakukan Pengisian Data Untuk Bot Tersebut
Setelah kamu pilih “newbot”, langkah selanjutnya adalah mengisi data untuk bot tersebut, mulai dari nama untuk bot dan juga username bot tersebut.

Saat kamu membuat username, maka di akhir username tersebut kamu harus tambahkan kata “bot” di belakangnya. Misalnya nama username yang kamu buat “sekretaris”, maka kamu harus menambahkan kata “bot” di belakangnya menjadi “seketaris_bot”. Dengan demikian maka nama botmu sudah selesai dibuat. cara membuat bot Telegram sangat mudah dilakukan seperti mudahnya cara meningkatkan traffic blog.

Ambil Token API dari BotFather

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menggambil token API dari BotFather lalu mengirimkannya ke @manybot. API token ini berfungsi untuk membantu kamu mengakses Api bot dari Telegram. Karena disini kita tidak membuat codingm maka Api bot ini yang digunakan untuk berinteraksi dengan aplikasi. API biasa digunakan oleh programmer khususnya dalam mengakses fungsi program lain.

Setelah kamu mengisi nama bot, maka BotFather akan memberikan token API untuk kamu. Token API tersebut kamu copy, lalu kirimkan ke Manybot (@manybot). Setelah kamu kirim ke Manybot maka mesin bot kamu sudah jadi dan bisa dijalankan dengan baik. Kamu bisa melakukan berbagai pengaturan pada bot tersebut untuk membantu kamu melakukan berbagai pekerjaan.

Saat ini segala hal memang akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan bot, seperti bot Telegram, karena bot tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi AI atau kercerdasan buatan. Contoh sederhananya saja saat, jika kamu menguasai cara meningkatkan seo woedpress, bot tersebut akan membantu kamu dengan memberikan artikel artikel bermutu tentang topik tersebut.

Setiap kali artikel terbaru tentang topik tersebut muncul, maka kamu bisa mendapatkan artikelnya dengan cepat. Bisa dipastikan dengan adanya bot Telegram tersebut waktu yang kamu miliki akan semakin efektif dan memanjakan kamu. Itu lah sedikit informasi tentang cara buat bot telegram tanpa coding dengan mudah dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *