Cara Membuat Mail Merge di Excel Mudah

By | Mei 18, 2020

Mail Merge di Excel – Semakin maju teknologi membuat kita semakin banyak tahu. Hal itu karena kita tidak ingin ketinggalan tentang perkembangan dari hal-hal baru yang ada. Maka tidak heran jika kini juga semakin banyak artikel atau bacaan serta video tentang tutorial membuat sesuatu yang baru atau yang mengajarkan hal-hal yang belum banyak diketahui oleh orang-orang, contohnya seperti cara memasang wa di laptop. Sekarang ini, tutorial itu cukup banyak dicari karena sudah banyak orang terutama pekerja yang berkomunikasi lewat WhatsApp menggunakan laptop.

Namun tak hanya itu saja yang bisa dipelajari melalui internet, ada banyak hal lain yang juga dipelajari. Satu contoh lainnya adalah mempelajari cara membuat mail merge di excel yang banyak dibutuhkan oleh pegawai kantor ataupun pelajar. Nah, di artikel ini juga akan membahas tentang bagaimana langkah untuk membuat mail merge di Microsoft Excel tersebut. Berikut adalah pembahasannya :

Mail merge di excel
Sumber images : Vemafats

Pengertian Mail Merge

Mail merge merupakan kemampuan dari komputer untuk mengirimkan satu sumber surat ke beberapa orang sekaligus. Secara teknis, untuk mengolahnya dibutuhkan dua file yaitu yang pertama adalah isi surat dan yang lainnya adalah data penerima surat.

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge di Excel

  1. Cara yang pertama dalam membuat mail merge di excel adalah buka terlebih dahulu Microsoft Excel
  2. Siapkan 2 sheet yang berisikan satu berisikan surat dan yang lainnya berisi data yang akan digabungkan ke suratnya. 
  3. Pada sheet pertama ketik di sembarang tempat yang tidak akan di cetak atau di luar print area
  4. Pada sheet yang satunya, definisikan nama table dengan mengeblok isi dari table lalu klik kanan define name, isi nama table sesuai dengan keinginan, misal “daftarbelanja”
  5. Kembali ke sheet pertama, gunakan rumus Vlookup, contoh seperti =VLOOKUP($N$1,daftarbelanja,2,FALSE)

Fungsi dari Mail Merge

Mail Merge membantu untuk membuat sebuah dokumen seperti surat yang memiliki isi sama untuk penerima yang berbeda secara mudah dan cepat. Fitur ini akan sangat membantu, terutama jika penerima sangat banyak. Mail merge pun dapat digunakan untuk membuat label, amplop, serta sertifikat. Untuk membuat mail merge dibutuhkan 2 dokumen yaitu dokumen master yang isinya sama untuk semua penerima, lalu dokumen kedua yang isinya berbeda atau khusus untuk masing-masing penerima. Data source biasanya dapat berupa data di excel, contact di outlook, access dan lain sebagainya.

Nah, itulah langkah-langkah membuat mail merge di excel yang dapat dicoba untuk dilakukan. Kemajuan teknologi yang semakin pesat, membuat banyak hal menjadi semakin mudah dan cepat untuk dikerjakan, salah satunya seperti contoh di atas dimana dapat mengirim surat serta dokumen lainnya secara bersamaan tanpa perlu dipilih satu per satu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *