Macam Macam Teknologi Sistem Ekskresi

By | Mei 27, 2020

Teknologi sistem Ekskresi yang bekerja membantu untuk kenyamanan dan kelangsungan hidup manusia. Teknologi merupakan sarana yang menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk kelangsungan kehidupan manusia. Dalam ilmu kedokteran maka biasanya sering disebut juga dengan teknologi bidang medis.

Khusus untuk hari ini kita akan membahas mengenai Teknologi Sistem Ekskresi.  Dan seperti yang kita ketahui bahwa sistem ekskresi ada banyak alat dan juga pemeriksaan untuk dapat menanggulangi penyakit atau adanya gangguan pada sistem ekskresi.

Teknologi pada sistem ekskresi manusia memiliki berbagai peran untuk dapat menanggulangi penyakit maupun gangguan yang terdapat pada organ sistem ekskresi manusia. Berikut ini ada macam macam Teknologi pada sistem ekskresi manusia, mari kita simak penjelasannya :

Macam-Macam Teknologi sistem ekskresi

Macam Macam Teknologi Sistem Ekskresi
Macam Macam Teknologi Sistem Ekskresi

Terdapat kelainan maupun gangguan pada sistem yang ditangani dengan teknologi medis dan penanganan serta pencegahan penyakit yang sulit untuk diobati.

Hemodialisis

Cuci darah adalah terapi yang merupakan pemurnian sistem koloid dari partikel bermuatan menempel pada permukaan. Hemodialisis yaitu salah satu dari terapi pengganti ginjal. Dan biasanya digunakan pada penderita dengan penurunan fungsi ginjal yang akut maupun kronik. Hemodialisis dapat dikerjakan untuk sementara waktu maupun untuk seumur hidup. Terdapat dua macam cuci darah yaitu Hemodialisis dan Dialisis Peritoneal.

Sinar Laser

Laser merupakan sinar panas yang dihasilkan dari loncatan atom akibat stimulasi energi dari radiasi yang bersumber dari energi listrik. Radiasi dihasilkan dari energi yang berkekuatan 15 hingga 30 watt. Cahaya panas yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pemotong kulit dan jaringan, dapat menghancurkan pigmen warna kulit dan juga pengobatan lainnya.

Pengobatan menggunakan laser telah digunakan sejak tahun 1960. Yaitu pada masa Theodore H. Maiman yang menciptakan sinar laser dari ruby crystal dan memiliki fungsi untuk pengobatan kelainan kulit, dapat memecahkan batu ginjal, tumor, operasi mata dan juga beberapa penyakit lainnya.

Dan kini terdapat penemuan terbaru yaitu jenis mesin laser yang mampu menembakkan sinar laser dengan waktu yang sangat singkat atau dalam hitungan nanosecond atau per juta detik.

Cangkok Ginjal

Cangkok ginjal atau Transplantasi Ginjal dan ini merupakan salah satu sistem ekskresi. Ginjal berfungsi untuk mengekskresikan zat zat tertentu yang tidak diperlukan atau berbahaya bagi tubuh. Ginjal dapat mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan pengendapan zat zat yang beracun dan membuat penderitanya mengalami kematian.

Transplantasi ginjal adalah metode yang memanfaatkan suatu ginjal yang masih sehat dan melakukan pembedahan kepada pasien yang mengalami kerusakan ginjal.

Dan inilah ulasan singkat mengenai Teknologi sistem Ekskresi, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat baca. Dan tentunya kita juga akan membahas mengenai cara membuat akun Whatsapp. Untuk membuat akun whatsapp memerlukan sebuah nomor telepon dan whatsapp merupakan aplikasi chat atau messenger yang terdapat pada perangkat smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *