Manfaat Air Zam Zam Untuk Ibu Hamil Dan Janin

By | Mei 9, 2020

Khasiat air zam zam untuk ibu mengandung – Air zam zam sangat populer di kalangan umat islam dunia. Bahkan, semua jemaah haji dan umroh akan membawa air ini sebagai oleh-oleh saat pulang ke negaranya. Apalagi setelah diketahui ternyata ada manfaat air zam zam untuk ibu hamil.

Istilah zam zam sendiri diambil dari bahasa Arab yang memiliki makna definitif “melimpah”. Hal ini disesuaikan dengan sumber air yang tidak pernah kering. Maka dari itu, hingga saat ini, sumur air di sekitar Kakbah tersebut menjadi rujukan masyarakat.

Manfaat Air Zam Zam Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Air Zam Zam Bagi Ibu Hamil

Air zamzam merupakan air yang berkhasiat. Bahkan riset telah membuktikan kalau air zamzam juga bermanfaat untuk ibu hamil. Nah, narasi di bawah ini akan mengupas tentang manfaat-manfaat tersebut.

1. Cegah Komplikasi Kehamilan

Kegunaan air zam zam untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa mencegah terjadinya komplikasi. Pasalnya, air zamzam mengandung kalsium dan magnesium yang bagus untuk massa otot ibu yang sedang hamil.

Selain itu, kedua senyawa tersebut juga bagus untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga tidak terjadi gangguan komplikasi menjelang kehamilan yang menurut medis disebut gangguan preklampsia.

2. Menenangkan Ibu Hamil

Menurut umat islam, meminum air zamzam menjadi syarat pendukung terkabulnya doa. Maka dari itu, meminumnya menjelang kelahiran bisa menjadi sarana menenangkan diri. Karena si ibu merasa yakin kalau Allah akan mempermudah proses tersebut.

3. Membantu Kemajuan Persalinan

Pernah ada penelitian menarik tentang manfaat air zamzam untuk bayi. Di dalam riset tersebut dibentuk kelompok ibu hamil yang minum air zamzam dan kelompok lain yang minum air putih biasa.

Hasil pembuktian menunjukkan kalau kelompok pertama, proses persalinannya lebih cepat. Sedangkan kelompok kedua yang hanya minum air putih biasa, proses kelahiran lebih lambat.

4. Meningkatkan Stamina Ibu Hamil

Selama kehamilan, seorang ibu pasti sering mengalami stamina down. Bahkan, menjelang kelahiran, eksistensinya semakin kuat. Tentu ini sangat berbahaya bagi dirinya dan sang bayi.
Karena itulah meminum air zamzam sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Karena minuman ini bekerja sebagai pro energi sehingga bisa membantu sang ibu untuk meningkatkan staminanya.

5. Memperkuat Rahim 

Khasiat air zam zam untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperkuat rahim. Sehingga, sang ibu masih bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa gangguan kehamilan.

Sebaliknya, jika rahim tidak kuat apalagi tidak pernah minum air zamzam, beraktivitas sedikit berat sudah membuat keguguran.

6. Memperlancar Peredaran Darah

Peredaran darah bisa terganggu, jika ibu hamil tidak peduli dengan pola kehidupannya. Bahkan, makanan instan pun dimakan secara berlebihan. Padahal food semacam ini mengandung lemak tinggi yang jahat.

Risikonya adalah menimbulkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebabkan kematian ibu dan janinnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum air zamzam dan menghentikan kebiasaan buruk makan makanan tidak steril.

Manfaat Air Zam Zam untuk Janin

Janin di dalam rahim, juga membutuhkan nutrisi. Seperti vitamin, protein dan asam folat yang semuanya berfungsi untuk membantu pertumbuhan. Hal ini, akan diperoleh bayi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Air zamzam ternyata bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut. Itu artinya, jika seorang ibu rajin minum air zamzam dan disertai dengan mengkonsumsi makanan sehat, pertumbuhan janin akan lebih cepat.

Demikianlah manfaat minum air zam zam untuk bumil yang sudah diakui oleh medis. Maka dari itu, peminatnya sangat banyak, termasuk masyarakat Indonesia. Jadi, jika ingin sehat, konsumsi saja air zamzam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *