Pengertian Dan Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

By | Mei 26, 2020

Teknologi tidak ramah lingkungan sangat penting untuk diketahui agar masyarakat lebih selektif dalam memilih serta menggunakan teknologi yang baik untuk lingkungan.

Pengertian Tentang Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Teknologi Tidak Ramah Lingkungan
Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Mendengar istilah teknologi, pastinya sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Hal ini karena teknologi memang sudah menjadi bagian terpenting didalam kehidupan manusia. Bahkan hampir semua aspek kehidupan kini didominasi oleh adanya teknologi ini.

Sebenarnya keberadaan teknologi modern dan maju ini banyak membawa perubahan bagi kehidupan. Namun apakah semua teknologi tersebut selalu membawa manfaat yang positif? Jawabannya adalah tidak.

Ada beberapa jenis teknologi yang memang bermanfaat bagi kehidupan manusia namun disisi lain juga mampu menimbulkan berbagai dampak negatif yang sangat merugikan lingkungan. Teknologi semacam ini disebut dengan Teknologi tidak ramah lingkungan.

Hal inilah yang menjadi PR tersendiri agar segera diatasi karena bagaimanapun juga kita sebagai manusia harus peduli terhadap lingkungan demi kelangsungan hidup anak cucu dimasa mendatang.

Mengapa Teknologi Harus Ramah Lingkungan?

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum menyadari tentang keberadaan dari teknologi tidak ramah lingkungan ini. Atau dengan kata lain, masih banyak masyarakat yang bahkan tidak peduli. Padahal kenyataannya adalah bahwa efek yang ditimbulkan oleh teknologi tidak ramah lingkungan ini memang imbas pertamanya terhadap lingkungan. Hanya saja pada akhirnya juga akan mempengaruhi kehidupan manusia didalamnya.

Umumnya teknologi tidak ramah lingkungan ini pada dasarnya memang merugikan lingkungan dan juga keberlangsungan bumi secara keseluruhan. Mengapa begitu? Hal ini karena bumi mendapatkan perlindungan dari panasnya suhu dan sinar matahari dari lapisan ozon. Hanya saja berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dari masa ke masa lapisan ozon ini kian menipis bahkan berlubang.

Efeknya adalah terjadinya pemanasan global dimana suhu panas bumi kian meningkat. Akibatnya cukup banyak, salah satunya adalah mencairnya gunung es di kutub yang mana bisa memicu naiknya permukaan air laut. Jika hal ini terus terjadi maka tentunya akan membahayakan keselamatan kehidupan manusia.

Contoh Teknologi yang Tidak Ramah Lingkungan

Banyak masyarakat yang mencari informasi tentang cara membuat akun Whatsapp karena Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang kurang aware dengan teknologi tidak ramah lingkungan ini. Salah satunya adalah asap kendaraan.

Kendaraan sudah bukan hal yang asing lagi karena di seluruh penjuru dunia, keberadaan motor dan mobil adalah hal yang wajar. Namun tahukah anda bahwa ternyata asap kendaraan ini merupakan teknologi yang tidak ramah terhadap lingkungan?

Selain dapat mengganggu pernapasan, asap kendaraan yang berasal dari pembakaran mesin dan bahan bakar ini juga sangat membahayakan lingkungan. Hal ini karena asap kendaraan mengandung karbondioksida dan monoksida yang turut andil menjadi penyebab terjadinya global warming atau pemanasan global. Sehingga sangat wajar jika kendaraan termasuk teknologi tidak ramah lingkungan.

Demikianlah artikel mengenai Teknologi Tidak Ramah Lingkungan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *