Pengertian Teknologi Jaringan Berbasis Luas Serta Cara Memilihnya

By | Mei 27, 2020

Teknologi jaringan berbasis luas (WAN) menjadi salah satu jenis materi yang banyak dipelajari, terutama oleh siswa yang berada di jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Tentunya ada hal menarik dibalik WAN ini. Untuk itu, simak penjelasannya berikut.

Definisi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Teknologi Jaringan Berbasis Luas
Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Untuk masyarakat awam mungkin masih banyak yang bingung tentang apa itu teknologi jaringan berbasis luas. Namun bagi mereka yang memang merupakan siswa Teknik Jaringan Komputer tentu sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Karena memang WAN ini menjadi salah satu materi yang dipelajari didalamnya.

Mengenai pengertian dari teknologi jaringan berbasis luas ini sendiri merupakan sebuah proses transmisi suatu file atau data dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya proses ini memanfaatkan jalur internet sebagai media untuk bisa mengkoneksikan dua atau lebih perangkat tersebut. Dan pada prakteknya, Teknologi jaringan berbasis luas ini paling sering menggunakan media internet serta telepon.

Kenali Jenis  jenis Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Setelah mengetahui definisi atau pengertian dari WAN ini, maka untuk selanjutnya anda juga perlu mengenali jenis  jenisnya. Antara lain sebagai berikut :

ISDN

Merupakan jenis layanan telekomunikasi yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Hal ini karena ISDN ini sangat mendukung transmisi data, baik berupa data digital maupun voice (suara).

Circuit Switching

Istilah Circuit Switching mungkin terdengar asing. Namun pada konteks yang lebih familiar sering disebut dengan telepon. Yang artinya Circuit Switching ini merupakan perpindahan data berupa panggilan telepon.

Packet Switching

Jika penggunaan data sendiri terbilang mahal, maka Packet Switching ini merupakan solusi yang tepat karena ini artinya anda bisa berbagi bandwidth sehingga secara tidak langsung bisa lebih menghemat data yang terpakai sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga bisa lebih sedikit.

PPP

PPP atau yang disebut dengan Protokol Point To Point ini adalah data yang bisa dipergunakan melalui panggilan atau dial up serta ISDN.

Leased Line

Leased Line disebut juga dengan Point To Point Connection dimana artinya transmisi data bisa dilakukan kapan saja tanpa harus melalui proses setting terlebih dahulu.

Frame Relay

Frame Relay adalah bentuk proses transmisi data yang lebih singkat dan mudah. Hal ini karena berbagai fungsi sudah diringkas untuk mengurangi overhead system.

Tips Memilih Jaringan Komputer yang Benar

Jaringan komputer menjadi salah satu kebutuhan yang terbilang wajib untuk beragam keperluan. Mengingat pentingnya fungsi dari teknologi jaringan berbasis luas (WAN) ini tentunya anda wajib tahu bagaimana caranya memilih jaringan komputer yang tepat.

Kecepatan Dan Ukuran

Ketika akan memilih sebuah teknologi jaringan berbasis luas (WAN), tentunya hal yang perlu diperhatikan adalah berapakah besar file yang sering digunakan. Apakah besar atau kecil. Hal ini yang akan memastikan berapakah kecepatan yang sesuai untuk digunakan serta apakah membutuhkan server yang khusus atau tidak.

Konektivitas

Perihal konektifitas juga perlu diperhatikan. Apakah hanya akan digunakan pada satu atau dua lokasi saja atau akan digunakan secara paralel untuk banyak tempat.

Besarnya Biaya

Mengenai biaya sendiri akan sangat bergantung pada kedua point diatas sehingga akan membantu menentukan jenis sistem manakah yang paling pas untuk menjalankan teknologi jaringan berbasis luas ini.

Dengan penjelasan di atas, hal ini sama halnya dengan ketika anda mencari cara membuat akun Whatsapp maka harus dipastikan fungsi Whatsapp tersebut untuk apa, apakah untuk kepentingan komunikasi pribadi atau untuk hal lainnya misalnya berbisnis. Sehingga pemilihan sejak awal akan sangat menentukan akhirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *