Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap Contoh Dan Penjelasan

By | Mei 19, 2020

Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap Contoh Dan Penjelasan – Internet sekarang ini seperti sudah menjadi kebutuhan yang pokok untuk banyak orang. Dimana orang-orang banyak mencari tahu tentang hal-hal baru atau yang tidak mereka ketahui di sini.

Bahkan dengan menggunakan internet informasi atau berita dari banyak daerah meskipun itu di luar negara dapat diketahui dengan mudah. Ada banyak artikel yang membagikan tentang pengetahuan atau tutorial suatu hal, contohnya seperti cara memasang wa di laptop, dimana aplikasi itu saat ini sedang banyak digunakan oleh orang-orang tidak hanya di ponsel namun juga di perangkat komputer.

Rumus Dasar Excel

Tidak hanya itu saja, di internet bahkan ada banyak artikel yang akan menambah pengetahuan dan wawasan menjadi lebih luas. Misalnya saja artikel yang membahas tentang rumus microsoft excel lengkap.

Tentunya itu akan membantu bagi para pelajar yang sedang mempelajari cara penggunaan Microsoft Excel atau para pekerja kantoran yang memang setiap harinya berhadapan dengan dokumen-dokumen Excel ataupun Word.

Nah, karena pentingnya untuk mengetahui tentang rumus-rumus yang ada di excel, di artikel ini juga akan membahas tentang hal tersebut. Lalu apa saja fungsi rumus ms excel. Berikut pembahasannya untuk Anda. Simak ya!

Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap Contoh Dan Penjelasan
Macam macam fungsi excel lengkap

Kumpulan Rumus Excel Lengkap Dan Fungsinya

  1. SUM, rumus ini untuk menjumlahkan, contoh seperti =SUM(D3:E3)
  2. AVERAGE, rumus ini untuk mencari rata-rata, contoh seperti =AVERAGE(D2:G2)
  3. AND, rumus ini untuk menghasilkan nilai TRUE jika Benar, dan False jika Salah, contohnya seperti =AND(D3>G3)
  4. NOT, rumus ini untuk menghasilkan TRUE jika kondisi yang sedang diuji SALAH dan FALSE untuk yang BENAR, contoh seperti =NOT(D3<D4)
  5. OR, rumus ini untuk menghasilkan TRUE jika ada beberapa argumen memiliki nilai BENAR dan FALSE jika semuanya SALAH, contoh seperti =IF(OR(F3>=75;G3>75)
  6. AREAS, rumus ini untuk menampilkan jumlah range atau sel di dalam suatu alamat sel atau range yang disebutkan. Contohnya seperti =AREAS((G3;G4;G5))
  7. Salah satu rumus dari rumus microsoft excel lengkap adalah CHOOSE. Rumus ini untuk menampilkan hasil pilihan yang berdasarkan nomor indeks ataupun urutan di suatu referensi atau VALUE yang berisi data teks, formula, numeric atau nama range. Contohnya seperti =CHOOSE(K5;L3;L4L5). 

Rumus Pengurangan Excel

Untuk menggunakan operasi pengurangan pada microsoft excel gunakan tanda (-)
Contoh : (A3-B3)

Rumus Excel IF

SINGLE IF, rumus ini untuk mengembalikan sebuah nilai apabila kondisi yang sedang dicek BENAR/SALAH serta mengembalikan sebuah nilai yang lain apabila konsisi yang sedang dicek SALAH/FALSE. Contohnya seperti =IF(G3<75;”TIDAK LULUS”;”LULUS”)
MULTI IF, rumus ini hampir sama fungsinya dengan IF namun diambil dua kondisi atau dapat ditumpuk dari beberapa perintah. Contohnya seperti =if(g3>75;”LULUS”;IF

Nah itu macam-macam fungsi excel lengkap yang cukup sering digunakan. masih ada beberapa rumus lagi yang ada di excel seperti HLOOKUP, VLOOKUP, MATCH, COUNTIF, COUNTA, rumus DAY, rumus MONTH, rumus YEAR dan lain sebagainya. Mengetahui semua rumus yang ada di excel akan lebih memudahkan And

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *