Rumus Microsoft Word Lengkap untuk Tabel dan Cara Menggunakannya

By | Mei 20, 2020

Rumus Microsoft Word Lengkap – Program Microsoft Word – atau biasa disebut sebagai Word saja – pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Aplikasi pengolah kata atau word processor ini biasa digunakan dalam pembuatan dokumen seperti surat, esai, buku, artikel, laporan, dan sebaiknya.

Di dalamnya, ada beragam fitur penunjang seperti fitur referensi hingga tabel. Akan tetapi, tahukah Anda kalau Anda juga bisa menggunakan rumus Microsoft Word lengkap selayaknya seperti ketika Anda mengolah data menggunakan Microsoft Excel?

Cara Membuat Rumus Di Microsoft Word 2007

Rumus Microsoft Word Lengkap untuk Tabel dan Cara Menggunakannya
Rumus Microsoft Word Lengkap

Meskipun kemampuannya lebih terbatas dibandingkan kemampuan Excel, Anda masih bisa melakukan kalkulasi (penghitungan) maupun komparasi (perbandingan) dalam tabel di Word, lho! Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah memosisikan kursor mouse pada tabel sehingga menunjukkan bentuk l-cursor. Setelah itu, muncul Table Tools disertai 2 tab baru: Design dan Layout.

Membuat dan Menggunakan Formula

1. Buka dulu program Word-nya, kemudian buat tabel sederhana – 4 kolom dan 2 baris saja sudah cukup dengan mengklik tab Insert > Table. Isi nilai pada kolom 1 s.d kolom 3, dan biarkan kolom 4 kosong untuk mengisi nilai dari formula/rumus yang digunakan. Misalnya :

  • 20 untuk kolom 1.
  • 30 untuk kolom 2.
  • 40 untuk kolom 3.

2. Klik sel pada kolom 4 baris 1 untuk menempatkan l-cursor atau l-beam pointer.
3. Kemudian, buka Table Tools > Layout > Formula.
4. Kotak dialog Formula akan menampilkan rumus default pada kotak teks, yaitu =SUM(LEFT) (1). Ikuti dulu alias jangan diubah, lalu klik OK.
5. Pada kolom 4 baris 1, Anda akan temukan angka 90, yang merupakan penjumlahan dari semua nilai/angka yang ada di sisi kiri, yaitu kolom 1 s.d 3.

Cara Menghitung Di Ms Word

Rumus Microsoft Word Lengkap
Rumus Microsoft Word Lengkap

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa rumus di Word juga serupa dengan rumus di Excel, yaitu diawal dengan tanda (=), alias tanda sama dengan. Sementara itu, SUM() merupakan fungsi yang diaplikasikan, dan LEFT merupakan argumen posisional.

Baca juga : Rumus Fungsi Microsoft Excel Lengkap Contoh Dan Penjelasan

Dengan demikian, Anda bisa mengganti SUM dengan fungsi lain, seperti MAX, MIN, AVERAGE, COUNT, dan PRODUCT. Sedangkan argumen posisional selain LEFT adalah RIGHT, BELOW, dan ABOVE. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh kombinasi rumus di Word yang dapat Anda gunakan :

=SUM(ABOVE) untuk menjumlahkan nilai pada kotak-kotak di atasnya.
=SUM(LEFT,RIGHT) untuk menjumlahkan nilai pada kotak-kotak yang ada di kiri dan kanan.
=SUM(RIGHT,BELOW) untuk menjumlahkan nilai pada kotak-kotak yang ada di kanan dan bawah.
=AVERAGE(RIGHT) untuk menghitung rata-rata nilai pada kotak-kotak yang ada di kiri.
=ABS(-50) untuk menghasilkan nilai absolut yang berasal dari -50.
=IF(SUM(LEFT)>=60,100) untuk mengevaluasi total seluruh nilai pada kotak sebelah kiri; apabila jumlah nilainya lebih besar sama dengan 70, nilainya adalah 100, jika kurang dari 70 nilainya adalah 0.
=MAX(RIGHT) untuk mengembalikan nilai terbesar di antara seluruh nilai yang ada pada kotak-kotak sebelah kanan.
=TRUE(4>8) untuk mengevaluasi apakah 4>8, mengembalikan nilai 0 jika salah, atau memberi nilai 1 kalau benar.

Cara menghitung rata-rata di microsoft word dapat menggunakan rumus AVERAGE sama pada microsoft excel

Dan untuk Anda yang ingin berkomunikasi lewat WhatsApp dengan lancar dari komputer atau laptop, coba cara memasang WA di laptop ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *