Bagaimana Cara Membuka Database WhatsApp di PC?

By | Juni 26, 2020

Pernahkah sobat mengetahui tentang file DB.CRYPT12? File tersebut merupakan database dari WhatsApp Messenger yang isinya basis data terenkripsi dari riwayat pesan. File tersebut bertujuan untuk mengamankan data pesan pengguna WhatsApp. Apakah membuka database WhatsApp harus melalui PC? Berikut ulasan mengenai cara membuka database WhatsApp di PC.

Sekilas tentang Database WhatsApp 

Cara Membuka Database WhatsApp di PC
Cara Membuka Database WhatsApp di PC

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya bahwa file DB.CRYPT12 berisi pengamanan dari WhatsApp untuk data pesan penggunanya. Pembaruan versi aplikasi juga turut memperbarui algoritma untuk mengenkripsi file DB. Ekstensi yang digunakan biasnya berupa CRYPT6, .CRYPT7, dan .CRYPT8 yang merupakan algoritma enkripsi.

File ini biasanya berlokasi di SD card ponsel, lebih tepatnya berada di /sdcard/WhatsApp/Database. Nama file database umumnya adalah msgstore.db.crypt12.

Cara Membuka Database WhatsApp

Sebenarnya untuk bisa membuka database WhatsApp tidak harus melalui PC, melainkan bisa melalui ponsel Android, caranya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan sobat sudah memegang ponsel yang ingin sobat ketahui isi database-nya.
  • Cari menu File Manager, lalu pilih penyimpanan kartu SD, kemudian folder WhatsApp.
  • Salin file tersebut pada SD card yang terpasang di ponsel sobat. Kalau di ponsel sobat sudah ada akun Whatsapp, pindahkan dulu folder WhatsApp ke folder lain.
  • Kalau sudah melakukan langkah-langkah tersebut, cari menu Settings/Setelan/Pengaturan. Kemudian klik Aplikasi  Whatsapp  dan Hapus Data & Cache.
  • Buka Whatsapp lagi dan lakukan pemulihan data. Tunggu beberapa sata sampai semua pesan selesai dipulihkan, biasanya ini tergantung dengan kecepatan koneksi internet sobat.

Mengatasi File Database yang Bermasalah

Sobat telah mengetahui bahwa membuka database WhatsApp tidak harus melalui PC. Setelah membahas terkait cara membuka database WhatsApp di PC, lalu bagaimana jika database bermasalah? Kalau file database mengalami masalah, misalnya terkena virus, ada beberapa cara berbeda untuk mengatasinya. Cara tersebut tergantung pada OS perangkat yang tengah sobat gunakan.

Membuka File msgstore.db.crypt12

Untuk membuka file-file database db.crypt12 tanpa key di pc dapat menggunakan aplikasi yang bernama Whatshapp Key DB Extractor yang bisa didownload disini. Ataupun dapat menggunakan aplikasi lain yang bernama Crypt Omni untuk membuka file tersebut.

Cara Membuka File db.crypt12 di PC Windows 

Klik kanan pada file DB.CRYPT12 – Open with – Choose another app – Pilih aplikasi Whatshapp Key Db Extractor tadi. Setelah itu pilih program lain kemudian beri tanda centang pada kotak kecil bertuliskan Always use this app to open *.DB.CRYPT12 files.

Cara Membuka File db.crypt12 di PC Mac

Klik kanan file DB.CRYPT12, kemudian pilih Open with – Other…. Berikutnya, pilih program lain dan juga beri tanda centang di kotak Always Open With.

Cara Membuka File Database Whatsapp di iOS

Ketuk file database, namun jika tidak langsung terbuka, klik Bagikan dan pilih aplikasi. Sobat juga bisa memilih opsi menyimpan file.

Baca juga : Cara Mengatasi Whatsapp Blank Putih di PC

Cara Membuka File db.crypt12 di Android

Cari menu Pengaturan kemudian klik submenu Aplikasi. Ubah aplikasi menjadi default dengan cara klik ikon Opsi yang berada di bagian sudut kanan atas layar.

Untuk WhatsApp terbaru saat ini memiliki format file database berupa DB.CRYPT12. Jadi sobat bisa lakukan pembaruan pada perangkat lunak untuk bisa membuka enkripsi tersebut. Akan lebih baik lagi jika sobat memasang antivirus, atau memindai perangkat dengan antivirus sebelum membuka database. Jadi kalau terdapat suatu masalah, bisa langsung diketahui.

Sampai sini ulasan mengenai cara membuka database WhatsApp di PC. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *