Begini Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

By | Juni 10, 2020

Untuk kamu yang memiliki bisnis, mungkin bisa mulai mencoba memisahkan antara akun bisnis dengan akun pribadimu. Hal tersebut bertujuan supaya urusan bisnis dengan pribadi tidak saling bercampur dan lebih terorganisir. Salah satu caranya bisa dengan membuat akun WhatsApp bisnis. Bagaimanakah caranya? Berikut selengkapnya mengenai cara membuat akun WhatsApp Bisnis.

Sekilas Tentang WhatsApp Business

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis
Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business dikhususkan untuk urusan bisnis. Aplikasi ini tentu sangat bermanfaat untuk UMKM, perusahaan, atau lembaga lain yang membutuhkan akun di luar akun WhatsApp Messenger.

Beberapa perbadaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger terletak pada hal-hal berikut.

  • Logo aplikasi
  • Profil WhatsApp
  • Nama akun
  • Nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon rumah atau kantor
  • Fitur pesan otomatis
  • Statistik pesan terkirim dan masuk
  • Kategori bisnis
  • Label pesan
  • Tanda centang pada tampilan akun bisnis

Begini Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Kalau kamu membutuhkan akun WhatsApp Business, begini langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk membuatnya.

  1. Sebagai langkah awal, tentu kamu harus mengunduh aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Untuk pengguna Android, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi tersebut akan otomatis terpasang di ponselmu. 
  2. Setelah itu, daftarkan nomor ponsel yang akan kamu gunakan untuk urusan bisnis. Hal ini sekaligus untuk memudahkan dalam proses verifikasi.
  3. Pilih menu Settings > Business Settings > Profile untuk mengatur profil akun WhatsApp Business dengan mencantumkan informasi mengenai bisnismu. Cantumkan informasi yang akurat dan terperinci, seperti nama, alamat lengkap, email, dan lainnya.
  4. Jika profil WhatsApp Business sudah selesai dibuat, pilih menu Settings > Business Settings. Kamu akan menemukan pilihan Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies di menu tersebut.  Kamu tidak harus mengatur semuanya, gunakan saja masing-masing pilihan sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, kamu bisa mengatur pesan otomatis yang akan dikirimkan ketika sewaktu-waktu kamu tidak bisa membalas pesan. Waktu pengiriman pesan juga bisa kamu atur; di semua waktu atau di luar jam operasional. Kamu tentunya juga bisa mengatur isi dari pesan tersebut.

Jadi begitu cara membuat akun WhatsApp Bisnis. Kamu bisa mulai menerapkannya pada bisnis yang kamu jalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *