Begini Cara Membuat Grup di Telegram

By | Juni 9, 2020

Telegram memiliki fitur yang sangat lengkap, salah satunya adalah grup chat untuk mengobrol dengan banyak orang. Jika grup WhatsApp bisa menampung ratusan anggota, grup  Telegram mampu menampung hingga 200 ribu anggota. Grup ini juga bisa kamu atur sebagai grup publik atau privat. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai cara membuat grup di Telegram.

Cara Membuat Grup di Telegram

Cara Membuat Grup di Telegram
Cara Membuat Grup di Telegram

Sebelum membuat grup di Telegram, tentu kamu sudah harus memasang dan membuat akun Telegram terlebih dahulu. Untuk membuat grup di Telegram sebenarnya tidaklah sulit. Kamu cukup menjalankan aplikasi Telegram, kemudiam klik menu Grup Baru. Setelah itu kamu bisa memilih kontak yang ingin kamu jadikan sebagai anggota.

Untuk mengatur profil grup, klik ikon panah di bagian bawah. Di kolom nama grup, tentukan nama grup yang kamu buat. Tambahkan foto grup dengan klik ikon kamera kemudian klik ikon centang. Grup Telegrammu pun sudah selesai dibuat.

Mengelola Grup Telegram

Pengelolaan grup akan lebih mudah kalau kamu adalah adminnya. Kamu bisa mengubah foto, logo, atau deskripsi grup dengan mudah.

Untuk mengubah nama grup, buka dulu grup itu kemudian klik nama grup di bagian atas. Pilih ikon pensil, kemudian tuliskan nama baru untuk grupmu. Untuk mengganti foto, klik ikon kamera di grup tersebut. Jangan lupa untuk klik ikon centang supaya perubahannya tersimpan. Kamu juga bisa mengganti deskripsi grup di menu ini.

Privasi grup Telegram juga bisa diatur. Terdapat dua pilihan, yakni privasi publik dan privat. Kalau privasi grupnya diatur privat, anggota baru hanya bisa masuk kalau diundang oleh admin atau melalui link yang diberikan. Sedangkan grup publik memungkinkan semua orang untuk bergabung, dan grup bisa dicari melalui username-nya. Jadi kalau kamu mau membuat grup privat, jangan lupa atur username terlebih dahulu supaya mudah dicari.

Kalau kamu merupakan admin grup, kamu juga bisa mengatur riwayat chat dari grup tersebut. Dengan mengatur riwayat chat, kamu bisa menentukan apakah anggota baru bisa melihat riwayat chat yang lalu atau tidak. Ketika pengaturannya Tersembunyi, anggota baru tidak bisa melihat 100 pesan yang masuk sebelum ia bergabung.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan admin baru untuk grup tersebut. Di grup tersebut, klik menu Admin kemudian Tambah admin. Selanjutnya kamu tinggal pilih anggota yang ingin dijadikan admin.

Sudah jelas kan sekarang bagaimana cara membuat grup di Telegram sekaligus mengelolanya? Selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *