Belajar Cara Optimasi SEO WordPress Yuk

By | Juni 18, 2020

Kamu yang memiliki blog mungkin menginginkan blogmu bisa tampil di halaman pertama mesin pencari, supaya semakin banyak pengunjung. Namun untuk bisa membuat itu, kamu perlu mempelajari teknik-teknik SEO. Kalau blogmu menggunakan WordPress, kamu bisa belajar permulaan cara optimasi SEO WordPress di ulasan ini.

Beberapa Cara untuk Optimasi SEO di WordPress
Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk optimasi SEO jika blogmu menggunakan WordPress.

Cara Optimasi SEO WordPress
Cara Optimasi SEO WordPress

Memasang plugin SEO WordPress

Supaya pengelolaan website lebih efisien, kamu perlu memasang plugin. Plugin tersebut memungkinkan kamu untuk mengontrol penuh optimasi SEO pada situsmu. Plugin yang bisa kamu gunakan adalah Yoast SEO ataupun All In One SEO Pack.

Memaksimalkan permalink

Permalink default dari WordPress memiliki struktur yang cukup panjang yang berisi tanggal dan nama URL. Google menyukai permalink yang berisi judul atau kata kunci, serta tidak terlalu panjang. Kamu bisa menggunakan Post Name untuk menentukan permalink.

Menentukan kata kunci

Kata kunci merupakan salah satu hal paling penting dalam pertimbangan Google untuk menentukan peringkat artikel. Jadi tentukan kata kunci sebelum kamu menulis di blog. Lakukan riset sebelum menentukan kata kunci. Kamu bisa menggunakan tools seperti Ahrefs atau Google Keyword Planner. Kalau kamu masih pemula, gunakan Yoast SEO untuk membantumu.

Memasukkan Title Tag

Untuk memasukkan title tag, gunakan kolom SEO title di Yoast SEO. Kata kunci diletakkan di awal title tag. Karakter maksimal title tag yang diizinkan adalah sebanyak 65 karakter. Selain itu, title tag juga berpengaruh pada Click Through Rate (CTR), jadi buatlah semenarik mungkin.

Membuat Meta Deskripsi

Semakin bagus meta deskripsi yang kamu buar, CTR artikelmu juga akan semakin tinggi. Semakin tinggi CTR, maka kemungkinan situsmu berada di peringkat atas hasil pencarian juga akan semakin besar.

Menggunakan header

Google akan mengecek header HTML dengan tujuan menentukan tingkat relevansi dari konten. Biasanya  satu artikel memiliki satu H1 dan beberapa H2 serta H3. Header tersebut biasanya juga mengandung kata kunci.

Selain beberapa cara di atas, masih ada tambahan cara lain untuk melakukan optimasi SEO pada WordPress, yaitu :

  • Memberi judul dan Alt Text pada gambar
  • Memasukkan kata kunci pada paragraf pertama
  • Memberi nama pada file gambar sesuai dengan tema artikel
  • Membangun internal link dan backlink
  • Menggunakan HTTPS

Sudah mulai mengerti bukan bagaimana cara optimasi SEO WordPress?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *