Berbagai Kelebihan Aplikasi Telegram dibanding WhatsApp

By | Juni 17, 2020

Sekarang aplikasi Telegram semakin populer dan masyarakat di Indonesia sudah banyak yang menggunakannya. Dari segi fitur dan tampilan, Telegram mirip dengan WhatsApp. Kalau kamu mau  menggunakan Telegram namun masih ragu-ragu, coba kamu baca dulu berbagai kelebihan aplikasi Telegram berikut ini.

Beberapa Kelebihan Aplikasi Telegram

Kelebihan Aplikasi Telegram
Kelebihan Aplikasi Telegram

Telegram jadi banyak digunakan, karena selain mudah digunakan, aplikasi ini juga berukuran ringan. Setidaknya berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi Telegram.

Keamanan yang terjamin

Pihak Telegram mengatakan bahwa keamanan aplikasinya andal dengan menerapkan enkripsi pada setiap pesannya. Bahkan enkripsi keamanan ini pernah diminta oleh Pemerintah Rusia dari pendiri Telegram, namun ditolak.

Grup chat menampung banyak anggota

Grup chat di Telegram memiliki kemampuan untuk menampung 200 ribu anggota. Ini jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah anggota grup yang bisa ditampung oleh WhatsApp.

Mengirim pesan rahasia

Kamu bisa menggunakan Telegram untuk mengirim pesan-pesan rahasia. Untuk melakukan ini, bisa gunakan fitur self-destruct timer. Fitur tersebut memungkinkanmu untuk mengatur waktu tertentu supaya pesan yang dikirim terhapus otomatis.

Mengedit pesan terkirim

Kamu bisa mengedit pesan yang sudah terkirim melalui Telegram. Caranya tidak sulit, cukup tekan pesan tersebut lalu sunting saat tulisan edit muncul.

Mengirim pesan dengan file besar

Telegram dilengkapi dengan penyimpanan komputasi awan/cloud. Dengan adanya fitur tersebut, kamu dapat mengirim file yang ukurannya mencapai 1,5 GB.

Memiliki fitur Channels

Di Telegram terdapat  fitur channels yang bisa kamu ikuti. Di fitur tersebut, kamu bisa memperoleh informasi yang kamu mau tanpa perlu tergabung dengan grup. Namun berbagai informasi di channels ini tidak dapat dikomentari.

Menambah tools sesuai kebutuhan

Kalau kamu merupakan seorang pengembang aplikasi, kamu bisa menambahkan tools tertentu yang sesuai kebutuhanmu di Telegram. Selain itu, Telegram juga memiliki bots dan machine learning untuk melakukan beragam tugas.

Gratis selamanya

Semua layanan Telegram bisa dinikmati secara gratis dan tanpa iklan, selamanya. Kamu tidak akan dikenakan biaya berlangganan selama menggunakan aplikasi ini.

Dengan sederet kelebihan aplikasi Telegram tersebut, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah Telegram tidak menyediakan fitur video call seperti pada WhatsApp. Selain itu, pengguna Telegram masih belum sebanyak pengguna WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *