Bot Telegram dalam Pengoperasian Teknologi Lcd dan Led

By | Juni 2, 2020

Teknologi Lcd dan Led – Anda yang mengetahui cara membuat bot telegram pasti familier dengan isu ini. Bot yang diciptakan dari aplikasi Telegram dapat sangat berguna karena dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Termasuk baru-baru ini penggunaan bot telegram yang dalam smarthome. Lalu bagaimana dan seperti apa penerapannya?

Bot telegram untuk teknologi smarthome

Teknologi Lcd dan Led
Teknologi Lcd dan Led

Apakah anda familier dengan smarthome? Atau anda adalah salah satu penghuni smarthome yang beruntung? Bagi anda yang belum mengetahui, smarhome merupakan rumah yang didesain dengan sistem keamanan, efisiensi energi serta kenyamanan yang tentu saja berbeda dari rumah biasa. Smarthome fokus kepada pengendalian segala fitur tersebut diutamakan apabila si pemilik tidak berada di rumah.

Smarthome sendiri adalah bagian dari Internet of ThingsI dimana rumah dapat dengan mudah dikontrol dari jauh saat pemilik tidak berada di tempat. Anda pasti setuju ide pengontrolan dari jauh ini akan memberikan kenyamanan tersendiri karena apabila ada yang terlupa ketika bepergian, pemilik tidak harus kembali untuk mengontrol berbagai fungsi.  Salah satu yang membutuhkan pengendalian agar juga dapat menghemat energi adalah pengontrol lampu rumah. Dengan Telegram bot yang disambungkan ke teknologi lcd dan led.

Teknologi kendali lampu dengan Telegram Bot

Teknologi lcd dan led lampu rumah adalah salah satu hal yang dapat dikendalikan melalui aplikasi telegram. Selain chat telegram digunakan pula NodeMCU ESP 8266 untuk melakukan operasi ini. NodeMCU ESP 8266 merupakan  platform dari Internet of Things dengan sifat open source. Platform ini digunakan karena reliable dan terjangkau.  Sedangkan aplikasi Telgram dengan chatbot nya akan digunakan sebagai media penghubung antara smartphone dan module NodeMCU ESP 8266.

Alur dari sistem pengendali jarak jauh untuk teknologi lcd dan led ini adalah pada chat bot Telegram user terdapat tombol start.  Kemudian akan  disambut oleh NodeMCU disertai dengan petunjuk penggunaan. Penggunaan chat bot pada telegram berfungsi menyampaikan perintah untuk mematikan atau menghidupkan lampu.

Dengan operasi tersebut, maka terlebih dahulu harus dibuat bot Telegram. untuk membuat nya carilah userBot bernama BotFather. BotFather ini sendiri mempunyai fungsi untuk membuat bot baru maupun untuk mengatur bit yang sudah dibuat.

Di dalam BotFather ini ada banyak fungsi diantaranya adalah membuat serta menghapus bot, merubah nama dan deskripsi bot serta masih banyak fungsi lainnya. Satu hal penting adalah dalam sistem pengendalian ini , smartphone atau device lain serta NodeMCU ESP 8266 harus tersambung ke internet agak berfungsi.

Pembuatan sistem teknologi lcd dan led menggunakan aplikasi bot Telegram ini membuktikan bahwa ada hal positif yang bisa diciptakan dari aplikasi Telegram yang mempunyai open source. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak fungsi dan aplikasi lain yang berguna dan didapat dari penggunaan aplikasi Telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *