Cara Backup Chat WhatsApp ke Email Termudah

By | Juni 20, 2020

Cara backup chat WhatsApp ke email rupanya bisa dilakukan dengan mudah. Sobat dapat membaca kembali chat di komputer atau ponsel lainnya setelah berhasil mem-backup chat WhatsApp ke email.

Keuntungan lain dari backup chat yakni obrolan bisa tersimpan dengan rapi dan tidak hilang. Apalagi jika obrolan terkait dengan hal-hal yang penting.

Sobat dapat menggunakan email dari Gmail sebagai lokasi backup. Gmail menjadi aplikasi yang sangat familiar karena sudah digunakan pada hampir semua lapisan masyarakat.

Gmail juga dapat menyimpan backup chat agar bisa langsung dibaca, dicetak atau disimpan dalam file PDF. Namun, sobat tetap bisa menggunakan email lain seperti Yahoo atau icloud.

Lalu, bagaimana cara backup chat WhatsApp ke email dengan mudah? Berikut ulasannya.

Cara Backup Chat WhatsApp ke Email

Cara Backup Chat Whatsapp ke Email
Cara Backup Chat Whatsapp ke Email

WhatsApp telah menjadi salah satu sosial media paling banyak digunakan baik untuk kepentingan profesional maupun sehari-hari. Umumnya WhatsApp dimanfaatkan untuk saling berkomunikasi dengan pesan, foto, dokumen, video atau lainnya. Obrolan antar pengguna ini dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel. Namun, berkat fitur backup semua bisa teratasi. Berikut langkah-langkah backup ke email.

Baca juga : Cara Backup Whatsapp Ke Hp Lain

1. Memilih chat yang ingin di-backup

Langkah awal untuk backup chat yakni memastikan sobat telah berada pada tampilan aplikasi WhatsApp di ponsel. Kemudian sobat bisa memilih chat atau obrolan mana saja yang ingin di-backup.  Chat yang dapat dipilih bisa secara keseluruhan atau beberapa saja. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya, sobat memilih chat secara berangsur.

2. Memilih lokasi email untuk backup

Setelah menentukan chat yang ingin di-backup, selanjutnya menentukan lokasi backup. Sobat bisa menggunakan email aktif yang terhubung dengan perangkat ponsel, dalam pembahasan ini yakni email di Gmail. Kemudian tap opsi di pojok kanan atas pada layar. Cara backup chat WhatsApp ke email ada pada menu Lainnya lalu pilih Email Chat.

Baca juga : Cara Backup Whatsapp Iphone Ke Android

3. Memilih opsi lampiran backup

Opsi lampiran backup akan muncul setelah Sobat memilih fitur Email Chat. Opsi tersebut berfungsi untuk menentukan apakah backup ingin dilakukan beserta lampiran media atau tidak pada email. Media mencakup foto, video, dokumen atau lainnya. Jika sobat memilih opsi melampirkan media maka hasil backup chat email akan mempunyai kapasitas lebih besar.

4. Memasukkan alamat email

Terakhir, sobat perlu memasukkan alamat email yang akan digunakan sebagai lokasi backup. Perhatikan bahwa Sobat akan memasukkan dua alamat email, yaitu sebagai email pengirim dan penerima pesan backup chat.

Sobat dapat menggunakan alamat email yang berbeda atau cukup dengan satu alamat email saja. Kedua alternatif tersebut dapat bekerja sama baiknya.

Baca juga : Cara Restore Chat Whatsapp

Cara backup chat WhatsApp ke email memang dapat dilakukan dengan mudah. Cara di atas juga bisa mengirim sebanyak 10.000 obrolan terbaru dengan lampiran media.

Namun, jika tanpa lampiran media maka backup chat mampu mencapai 40.000 pesan terbaru. Proses backup ini berlangsung sesuai banyaknya chat yang di-backup dan kestabilan koneksi internet.

Demikianlah artikel mengenai Cara backup chat WhatsApp ke email. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *