Cara Backup WhatsApp ke HP Lain

By | Juni 29, 2020

Cara Backup WhatsApp ke HP Lain – Di jaman sekarang masyarakat sudah sangat terbiasa untuk bergonta-ganti smartphone. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mereka yang sering bergonta-ganti HP adalah mengenai back up WhatsApp. Jika anda sudah terbiasa menggunakan satu handphone lalu terpaksa menggunakan handphone yang lain maka anda perlu untuk membackup WhatsApp anda.

Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi dengan chatting yang tersimpan karena masih bisa di restore kembali di hp lain. Cara backup WhatsApp ke hp lain sebenarnya sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang tepat sehingga dapat tetap menggunakan WhatsApp anda di HP yang baru.

Cara untuk melakukan back up bisa dengan menggunakan dua cara yakni menggunakan Google Drive atau dengan cara manual. Namun kali ini kita akan membahas tentang cara backup WhatsApp dengan menggunakan Google Drive.

Dengan cara ini anda bisa membuka atau merestore kembali chat WhatsApp dari Google Drive ke handphone yang lainnya.

Cara Backup WhatsApp Memakai Google Drive

Cara Backup WhatsApp ke HP Lain
Cara Backup WhatsApp ke HP Lain 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda harus mem-backup WhatsApp dari ponsel lama. Caranya dengan cari menu atau titik tiga di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya akan muncul menu setting.Setelah itu akan muncul beberapa opsi, carilah opsi chats lalu pilih opsi chats back up.

Selanjutnya anda perlu menuju ke Google Drive settings. Jika sudah maka lakukan backup to Google Drive dengan klik opsi yang muncul. Nanti anda akan diarahkan untuk memilih waktu otomatis wa akan di-backup apakah itu daily, weekly, monthly, or Never.

Baca juga : Cara Backup Whatsapp Iphone Ke Android

Jika sudah lanjutkan dengan memilih akun Google Drive milik anda. Ketika melakukan pengaturan backup maka ada beberapa hal yang harus dipilih. Setelah menentukan waktu back up anda juga harus memilih jenis koneksi internet yang akan digunakan. Jika terdapat koneksi wi-fi maka anda bisa pilih wi-fi only atau bisa juga memilih opsi wi-fi or seluler.

Langkah yang selanjutnya adalah anda harus memilih apakah nantinya backup termasuk video atau tidak. Jika iya maka klik kotak kecil yang tersedia dengan tulisan include videos. Dengan begitu kotak tersebut akan diisi dengan tanda centang. Langkah yang berikutnya adalah klik tombol back up di bagian bawah. Secara otomatis WhatsApp anda akan di back up ke Google Drive.

Tunggu beberapa saat hingga proses backup menuju Google Drive selesai. Jika sudah selesai maka anda akan mendapatkan notifikasi di smartphone tersebut.

Cara membuka backup WhatsApp di hp lain

Apabila anda sudah berhasil membackup WhatsApp ke Google Drive maka anda dapat membuka kembali WhatsApp di HP yang lain. Caranya sangat mudah yakni dengan menginstal ulang WhatsApp di HP yang akan anda gunakan.

Pastikan jika Anda menggunakan nomor Sim Card yang sama dengan yang sebelumnya. Setelah melakukan aktivasi maka nantinya akan muncul notifikasi di WhatsApp berkaitan dengan back up dari Google Drive. Di sana akan muncul opsi restore. Anda hanya perlu untuk memilih atau klik opsi restore tersebut. Dengan begitu anda sudah bisa mendapatkan kembali file backup WhatsApp di ponsel baru atau ponsel lain.

Cara backup WhatsApp di HP lain ini juga bisa digunakan ketika anda memiliki ponsel baru. Hal yang terpenting adalah anda masih menggunakan nomor yang sama.

Melakukan back up WhatsApp sangatlah mudah karena anda dapat menggunakan Google Drive di Smartphone yang anda miliki. Setelah mengetahui bagaimana cara backup WhatsApp di HP lain maka selanjutnya anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *