Cara Melacak Hp Lewat WhatsApp Ternyata Mudah, Lho

By | Juni 22, 2020

Maksud melacak hp bukan bukan dengan mencampuri privasi atau stalking orang melainkan mengetahui lokasi janji ketemuan atau saat hp tidak bisa diketemukan, dan lain sebagainya. Cara melacak hp lewat WhatsApp ini bisa sobat lakukan dengan ponsel Android ataupun iOS. Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Melacak Hp Lewat WhatsApp

Cara Melacak HP Lewat Whatsapp
Cara Melacak HP Lewat Whatsapp

1. Memanfaatkan Fitur Live Location

Cara melacak hp lewat WhatsApp yang pertama ini adalah dengan memanfaatkan fitur Live Location. Dalam aplikasi WhatsApp terdapat fitur yang bisa mengetahui keberadaan lokasi nomor hp secara langsung. Cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp, dan pilihlah orang atau grup yang ingin sobat ajak melakukan Live Action. Kemudian, sobat ketuk ikon ‘paperclip’ yang terletak di bagian pojok kanan bawah dan pilihlah opsi lokasi
  • Kedua, sobat ketuk berbagi lokasi terkini/ live location dan menuliskan pesan pada kolom yang tersedia, selanjutnya ketuk ‘Send’.

Jika sudah terkirim,maka penerima pesan dapat melihat dimana lokasi sobat, bahkan jika berpindah lokasi sekalipun. Fitur ini memiliki pilihan durasi tergantung sobat memilih durasi yang mana. Saat durasi Live Location telah habis maka otomatis akan berhenti sendiri. Jika ingin menghentikan Live Location meskipun durasi belum habis, sobat hanya perlu mengetuk menu ‘berhenti berbagi’.

2. Cara Melacak Nomor WhatsApp Selain Menggunakan WhatsApp

Selain cara melacak hp lewat WhatsApp, ada dua cara lain yang bisa sobat gunakan untuk melacak keberadaan nomor hp WhatsApp orang. Bagaimana cara dan aplikasi apa saja yang diperlukan, berikut informasi selengkapnya.

Menggunakan Aplikasi HLR Lookup

Aplikasi ini lebih tepat untuk melacak pencurian atau penipuan melalui hp seperti WhatsApp atau SMS. Jadi, sobat bisa mengetahui keberadaan si pelakunya.

  • Pertama, unduh aplikasi HLR Lookup
  • Kedua, buka aplikasi, tuliskan nomor yang sobat ingin lacak, dan ketuk menu ‘Send’. 
  • Ketiga, menunggu beberapa saat dan aplikasi HLR Lookup akan menampilkan informasi dari nomor yang sobat lacak, seperti detail layanan provider, kode area, kota, wilayah, dan negara. Sobat juga bisa membagikan informasi tersebut melalui menu ‘share’ yang berada di bagian bawah.

Aplikasi ini tidak akan memberikan lokasi akurat di mana keberadaan nomor telepon, namun bisa membantu mengetahui lokasi asal dari pelaku khususnya asal nomor tersebut didaftarkan.

Menggunakan Google Maps

Cara selanjutnya yang bisa sobat gunakan untuk melacak nomor hp WhatsApp adalah dengan Google Maps.

  • Pertama, buka Google Maps, pilih ikon berbentuk hamburger, dan pilih menu Berbagi Lokasi.
  • Kedua, ketuk ‘Mulai’ dan muncul beberapa pilihan untuk membagikan informasi lokasi. Sobat pilih WhatsApp kemudian pilih nomor yang ingin dikirimi informasi lokasi. 
  • Ketiga, informasi tersebut akan berupa tautan. Jadi, klik link tersebut maka semua informasi dimana lokasi pengirim akan muncul.

Pilih saja salah satu cara melacak hp lewat WhatsApp yang menurut sobat paling tidak ribet. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *