Cara Melihat Exif Foto dari WhatsApp

By | Juni 23, 2020

Saat memotret sebuah obyek, sobat tidak hanya mendapatkan foto obyek saja melainkan segala informasi data baik dengan jenis kamera tertentu atau menggunakan smartphone.  Informasi yang tersimpan dalam foto, seperti tanggal pengambilan foto, lokasi foto diambil jika menggunakan GPS, merek kamera, setting camera, dan lainnya itu disebut exif foto.

Namun, foto yang telah tersebar di media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya secara default telah menghilangkan metadata foto atau exif foto tersebut. Jika sobat bertanya bagaimana cara melihat exif foto dari WhatsApp, jawabannya tidak mudah untuk dilakukan karena foto tersebut sudah bukan file asli.

Cara Melihat Exif Foto dari WhatsApp dan Media Sosial Lainnya

Cara Melihat Exif Foto dari Whatsapp
Cara Melihat Exif Foto dari Whatsapp

EXIF adalah kepanjangan dari Exchangeable Image Format yang memiliki arti metadata dari sebuah foto atau data yang merekam segala informasi dalam foto. Biasanya ada data foto yang telah diedit sehingga data exifnya tidak terlihat dan susah untuk mendapatkan data tersebut.

Sebagai alternatif, sobat harus menggunakan software foto atau decode image agar bisa melihat data exif. Aplikasi gratisan yang bisa sobat gunakan untuk mengetahui apakah foto tersebut telah dimanupalasi atau tidak adalah GPEGsnoop/ JPEGsnoop.

Untuk cara melihat exif foto dari WhatsApp, sobat bisa buka galeri dimana album foto yang berasal dari WhatsApp tersimpan. Kemudian klik foto, dan pilih menu detail atau info, atau ikon yang berbentuk huruf i.

Sobat bisa lihat waktu pengambilan foto, resolusi, hingga lokasi foto diambil jika mengaktifkan GPS pada saat pemotretan. Namun, jika foto dari WhatsApp tersebut merupakan hasil screenshot, exif foto akan hilang atau data foto sudah tidak asli lagi.

Hal yang Membuat Data Keaslian Foto Hilang

Ada beberapa hal yang membuat data asli dari foto bisa hilang, antara lain :

1. Mengunggah foto ke platform media sosial

Sobat bisa membuktikannya sendiri dengan cara menyimpan foto yang telah diunggah ke media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan lainnya.

2. Screenshot atau SS

Jika sobat melakukan SS pada sebuah foto, maka exif foto akan berubah pada waktu sobat melakukan screenshot sehingga data asli foto pertama telah hilang. Itulah sebabnya foto hasil SS tidak bisa dijadikan bukti karena tidak bisa menampilkan keaslian data sebuah foto.

3. Memotret lalu langsung dikirimkan melalui chat WhatsApp

Contohnya adalah saat sobat mengirimkan gambar melalui chat dengan kamera langsung pada aplikasi WA, maka hasil foto tersebut dianggap tidak ori.

4. Mengunggah foto di Blogspot

Namun, jika mengunggah foto di WordPress meskipun dalam versi free, data foto yang diunggah akan tetap seperti aslinya. Bahkan, jika menggunakan plugin Jetpack, exif foto akan tetap terlihat.

Bagi sobat yang berprofesi sebagai fotografer, keaslian foto adalah hal paling penting karena berhubungan dengan hasil karya. Semoga informasi cara melihat exif foto dari WhatsApp ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *