Cara Melihat Lokasi Pengirim Status di FB Mudah

By | Juni 23, 2020

Bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi secara personal, melalui Facebook, sobat juga bisa melakukan kegiatan lainnya. Contohnya, berjualan, melakukan tanya jawab, berjualan, bahkan pengecekan lokasi. Kalau sobat ingin tahu cara melihat lokasi pengirim status di FB, bisa baca ulasan berikut.

Cara Melihat Lokasi Pengirim Status di FB

Cara Melihat Lokasi Pengirim Status di Fb
Cara Melihat Lokasi Pengirim Status di Fb

Melalui FB secara Langsung

Pelacakan lokasi sebenarnya bisa melalui Facebook secara langsung. Untuk ini, sobat harus membuka Facebook terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan navigasi dengan klik ikon tiga garis yang berada di bagian atas layar sebelah kanan.

Kalau sudah, lanjutkan pencarian dengan memilih opsi Nearby Friends. Kalau sobat memilih opsi tersebut, Facebook akan meminta izin untuk mengakses lokasi sobat saat ini. Supaya bisa melihat lokasi teman terdekat, maka izinkan akses tersebut. Setelah itu, daftar teman yang sedang berada di sekitar sobat akan otomatis terlihat.

Menggunakan Marauders Map

Cara melihat lokasi pengirim status di FB lainnya adalah menggunakan Marauders Map. Kalau sobat merupakan penggemar film Harry Potter, tentu sobat akan mengetahui apa itu Marauders Map.

Marauders Map kini hadir melalui pesan Facebook Messenger yang dapat diakses melalui sebuah tool di Google Chrome. Fitur tersebut memungkinkan sobat untuk melacak lokasi dari teman Facebook, terlebih lagi kalau dia tengah online atau baru saja memasang status.

Oleh penciptanya, aplikasi ini memang dirancang untuk pengguna Facebook yang ingin melacak lokasi pengguna lainnya. Hasil pelacakannya pun terbilang akurat. Bukan hanya lokasi orang-orang yang sudah menjadi teman, lokasi mereka yang belum berteman juga bisa dicari.

Kinerja pelacakan lokasi ini dilakukan melalui aplikasi pesan Facebook Messenger. Saat GPS dinyalakan, secara otomatis lokasi sobat akan terekam dan bisa diketahui karena kemampuan GPS tersebut. Kalau sobat ingin mencegahnya, sobat bisa mengubah pengaturan lokasi Facebook yang ada di ponsel iOS ataupun Android.

Kalau teman Facebook sobat itu mengirim sebuah pesan, dari dua tempat yang berbeda, maka aplikasi ini akan memberi tanda. Misalnya pesan pertama dari rumah, kemudian pesan kedua dari stasiun kereta, maka akan muncul ikon kecil pada peta di aplikasi untuk menandakan dua lokasi tersebut.

Meski tampak canggih, namun hal tersebut bisa terasa sangat menganggu privasi. Mengapa? Karena orang yang tengah berkomunikasi dengan sobat bisa tahu di manapun lokasi sobat, ketika aplikasi ini digunakan.

Kalau memang sobat tidak ingin hal tersebut terjadi, sobat bisa mematikan GPS ketika membuka Facebook. Atau kalau sobat ingin mengetahui lokasi teman sobat yang baru saja mengirim status, sobat bisa menanyakan langsung. Lagi pula, lokasi seseorang dari statusnya bisa langsung diketahui, jika memang si pengirim menghendakinya.

Sampai sini dulu ya ulasan mengenai cara melihat lokasi pengirim status di fb. Meski sobat sudah tahu caranya, jangan disalahgunakan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *