Cara Membuat SEO di Blogspot untuk Pemula

By | Juni 10, 2020

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke situs yang kamu buat. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk ini, salah satunya dengan menerapkan kata kunci supaya mesin pencari bisa mengidentifikasinya. Berikut ulasan mengenai cara membuat SEO di Blogspot, terutama untuk kamu yang pemula.

Beberapa Cara untuk Membuat SEO di Blog

Cara Membuat SEO di Blogspot
Cara Membuat SEO di Blogspot

Kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini untuk membuat SEO di blog yang kamu buat.

Menerapkan Kata Kunci di Judul dan URL

Sebagai langkah pertama, yang perlu kamu lakukan adalah menerapkan kata kunci di judul dan URL konten tersebut. Sebisa mungkin hindari judul click-bait yang tidak sesuai dengan isi. Judul menarik memang penting, namun kesesuaian judul dengan isi lebih penting.

Membuat Sub-Heading

Bila kamu membuat artikel untuk tujuan SEO, ada baiknya kamu membuat Sub-Heading pada tulisanmu. Sub-Heading bisa membantumu untuk memetakan tulisan, jadi alurnya menjadi lebih jelas dan terarah.

Meletakkan Kata Kunci di Awal Tulisan

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan kata kunci pada 100 kata pertama tulisanmu. Ini bertujuan supaya Google bisa menganalisis secara langsung apa yang dicari oleh pembaca. Meski begitu, pengulangan kata kunci dalam tulisan harus senatural mungkin.

Menghubungkan ke Backlink dan Internal Link

Untuk lebih menguatkan posisi blog kamu di mesin pencari, kamu perlu meletakkan backlink dan internal link. Backlink merupakan tautan situs lain yang kamu masukkan pada tulisan. Internal link merupakan tautan tulisanmu di blog yang kamu cantumkan lagi di post lainnya.

Mencantumkan Gambar

Mencantumkan gambar dalam tulisanmu di blog juga bisa memperkuat posisi blogmu di mesin pencarian. Selain gambar untuk ilustrasi tulisan, kamu juga bisa membuat infografis hingga video kemudian mencantumkannya di tulisanmu.

Kalau kamu mencantumkan gambar, jangan lupa beri nama gambar tersebut sesuai kata kunci. Kamu juga bisa menggunakan alternative text gambar tersebut untuk menamai gambar dengan kata kunci yang digunakan. Supaya tidak terlalu berat, setiap gambar sebaiknya tidak melebihi 100kb.

Nah itulah beberapa cara membuat SEO di Blogspot yang bisa kamu terapkan. Kalau kamu masih pemula, jangan lupa terus berlatih supaya semakin mahir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *