Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru Paling Mudah

By | Juni 26, 2020

Ketika sobat memiliki ponsel baru, maka semua data dari ponsel lama perlu dipindahkan ke ponsel tersebut. Begitu juga dengan akun-akun untuk aplikasi messenger atau media sosial. Dibandingkan membuat akun baru, lebih baik memindahkan akun lama ke ponsel baru. Untuk mengetahui cara memindahkan akun WhatsApp ke HP baru, kamu bisa membaca ulasan ini.

Membuat Cadangan sebelum Memindah Akun WhatsApp ke HP Baru

Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru
Cara Memindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru

Setiap pukul 02:00, WhatsApp sebenarnya selalu melakukan backup data lokal secara otomatis. Kalau sobat mau mengakses berkas backup-nya bisa diakses di penyimpan internal, kemudian ke folder WhatsApp, lalu Database. Di folder Database akan terdapat beberapa file yang bernama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12. Sobat dapat memindahkan file tersebut ke penyimpanan lain sebagai cadangan.

Pencadangan juga bisa dilakukan melalui Google Drive. Untuk melakukan ini, sobat perlu melakukan pengaturan di WhatsApp. Caranya, klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, kemudian klik Settings  Chat  Chat backup.

Selanjutnya sobat tinggal mengatur jadwal backup dan akun Google Drive yang digunakan. Bukan hanya itu, jaringan yang digunakan hingga pilihan memasukkan video dalam proses itu juga bisa diatur. Kalau sudah, tinggal klik Backup dan proses akan dimulai.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp ke Hp Baru

Setelah mengetahui cara membuat cadangan data WhatsApp, sekarang mari membahas cara memindahkan akun WhatsApp ke HP baru. Karena data-data di akun WhatsApp pada ponsel lama sudah di-backup, maka sobat bisa langsung membuka aplikasi WhatsAp pada ponsel baru.

Lakukan login pada WhatsApp seperti biasanya. Karena sobat akan login dengan akun lama, maka masukkan nomor lama di WhatsApp pada ponsel baru. Setelah menerima kode verifikasi, masukkan kode tersebut dengan benar. Kalau kode verifikasi belum masuk juga melalui SMS, sobat bisa meminta melalui telepon. Kode verifikasi ini biasanya terdiri dari 6 digit angka.

Karena data chat sebelumnya sudah di-backup, sobat tidak perlu khawatir akan kehilangan chat dari HP lama. Jadi di sini, tinggal pilih Restore untuk melakukan pemulihan chat. Proses ini biasanya membutuhkan waktu cukup lama, terlebih jika data chat di HP lama ada banyak. Jika prosesnya sudah selesai, klik Next.

Kemudian masukkan nama sobat lalu klik Next untuk melakukan proses initializing sampai selesai. Supaya data di kontak WhatsApp HP baru sobat bisa langsung sinkron, pilih Allow ketika WhatsApp ingin melakukan sinkronisasi.

Sekarang sobat bisa mengecek seluruh chat. Kalau proses backup-nya berhasil, maka semua chat akan berpindah ke HP yang baru. Proses backup ini bisa menjadi solusi supaya data penting di WhatsApp tidak hilang. Jadi kalau memang banyak chat penting di akun WhatsApp sobat, lakukan backup secara rutin. Sampai sini dulu ulasan mengenai cara memindahkan akun WhatsApp ke HP baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *