Cara Menambah Kontak WA Otomatis

By | Juni 12, 2020

Sebenarnya bagaimana cara menambahkan kontak WA otomatis itu?

Sebelum menjawab itu, sobat harus ketahui terlebih dahulu, bahwa sebenarnya WhatsApp tidak menyimpan kontak pada aplikasinya. Sobat tahu bukan, ketika sobat menginstal aplikasi pesan tersebut, WhatsApp meminta izin untuk mengakses kontak sobat? Izin akses tersebut yang membuat sobat bisa mengirim pesan ke kontak tertentu melalui WhatsApp.

Kontak WhatsApp, Apakah Perlu?

Cara Menambah Kontak WA Otomatis
Cara Menambah Kontak WA Otomatis

Beberapa pengguna baru WhatsApp mungkin merasa kesulitan untuk mengirim pesan kepada satu nomor yang belum tersimpan di kontak. Biasanya mereka bingung cara menambahkan kontak baru dari aplikasi secara langsung.

Apakah hal semacam itu bisa? Jawabannya, tidak. Sebab mengirim pesan melalui WhatsApp berbeda dengan mengirim pesan melalui fitur SMS pada masing-masing perangkat. Sobat bisa mengirim SMS dengan membuat pesan langsung dan  mengetikkan nomor tujuan.

Mengirim WhatsApp tidak bisa seperti itu. Sebab, WhatsApp hanya mengakses nomor yang tersimpan pada kontak. Jika nomor belum tersimpan otomatis nomor tersebut tidak bisa menjadi nomor tujuan pengiriman pesan melalui WhatsApp. Hal ini tentu bisa dipahami,melalui

Cara Menambah Kontak WA Otomatis

Cara menambahkan kontak WA otomatis itu sebenarnya hanya dengan menyimpan nomor baru tersebut di kontak perangkat sobat. Cara detailnya bagaimana? Sobat bisa menyimaknya di bawah ini :

  • Buka kontak perangkat 
  • Buat kontak baru. Ingat, masing-masing perangkat memiliki perbedaan letak untuk membuat kontak baru!
  • Simpan kontak yang sudah dibuat. 

Sekarang, sobat sudah bisa mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor baru tersebut. Coba buka aplikasi WhatsApp dan buat chat baru. Sobat pasti bisa menemukan kontak yang baru dibuat tersebut.

Bagaimana jika kontak tetap tidak ditemukan? Jika kontak tidak ditemukan, kemungkinannya ada dua. Pertama, nomor yang sobat simpan belum pernah didaftarkan ke WhatsApp atau belum pernah digunakan untuk mengirim pesan melalui WhatsApp. Kedua, perangkat sobat belum terhubung dengan jaringan internet.

Jika persoalannya yang pertama, sobat tidak memiliki pilihan lain kecuali meminta nomor lain. Sebab, mutlak sobat tidak bisa mengirim pesan atau apapun ke nomor tersebut melalui WhatsApp. Tetapi, jika persoalannya adalah yang kedua, sobat tinggal mengaktifkan data atau menyambungkan perangkat dengan wifi yang ada.

Menambahkan Nomor yang Dikirimkan Teman dari WhatsApp

Kadang seseorang mengirimkan kontak nomor melalui WhatsApp. Sobat bisa melakukan chat langsung ke nomor yang dikirimkan kepada Sobat tersebut tanpa perlu menyimpannya. Hanya saja, nomor tersebut tidak akan diberi identitas. Ini seperti SMS dari atau ke nomor yang tidak tersimpan di perangkat. Maka yang tertulis adalah nomor itu sendiri.

Kontak tersebut juga bisa disimpan melalui WhatsApp. Tapi, bukan artinya nomor tersimpan akan tersimpan di aplikasi, melainkan tetap di perangkat yang sobat gunakan.

Bagaimana, mudah bukan cara menambahkan kontak WA otomatis? Tidak bingung lagi, kan, sekarang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *