Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus

By | Juni 28, 2020

WhatsApp memang salah satu aplikasi chat yang cukup familiar. Hampir setiap orang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Itu sebabnya, memiliki WhatsApp dianggap penting bagi kebanyakan orang. Lebih-lebih, jika obrolan yang dilakukan menyangkut pekerjaan. Tapi, bila tiba-tiba obrolan itu hilang, bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus?

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Sudah Dihapus
Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Sudah Dihapus

Masalah chat WhatsApp terhapus itu banyak sekali penyebabnya. Bisa jadi, sobat lupa dan salah menyentuh layar, lalu chat terhapus. Bisa jadi, hape sobat dipegang orang lain dan chat dihapus oleh orang tersebut. Bisa jadi juga karena aplikasi WhatsApp sobat terhapus oleh keponakan yang nakal.

Tetapi, apapun penyebab chat tersebut terhapus, yang pasti chat tersebut sudah tidak ada lagi di tempatnya. Dan nahasnya, sejauh ini WhatsApp belum menyediakan fitur untuk me-recovery chat yang sudah hilang tersebut.

Memang, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat yang terhapus itu. Tetapi, sangat mungkin chat yang baru tidak akan bisa kembali lagi. Jadi, hanya chat yang lama yang bisa dikembalikan.

Mengantisipasi Chat yang Terhapus

Meskipun sebenarnya ini bukan cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus, tapi sobat bisa menggunakannya untuk itu. Cara ini sebenarnya adalah cara untuk mencadangkan data chat di WhatsApp. Sebab, WhatsApp memiliki fitur untuk mencadangkan chat baik berupa video, gambar, maupun teks.

Caranya adalah seperti berikut ini.

  • Ketuk tanda titik tiga di bagian pojok
  • Pilih Setting
  • Pilih Chat
  • Pilih Chat Backup
  • Pilih Backup

Sobat bisa mengatur fitur tersebut agar data ter-backup otomatis sehari sekali, atau seminggu sekali. Tetapi, jika sobat takut penggunaan data membengkak, sobat bisa mengatur agar proses backup dilakukan jika perangkat tersambung dengan wifi.

Bagaimana jika perangkat tidak pernah tersambung dengan wifi? Sobat bisa mengetuk backup dan menggunakan data untuk proses tersebut secara manual. Dengan begitu, data obrolan menjadi lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu.

Mengembalikan Data yang Terhapus

Untuk mengembalikan chat, sobat bisa meng-uninstall aplikasi WhatsApp dari perangkat Android. Setelah itu, instal kembali. Dengan begitu, data chat akan kembali ke perangkat. Hanya saja, data yang kembali adalah data terakhir yang sobat backup atau dicadangkan.

Bagaimana dengan data baru yang belum sempat dicadangkan atau di-backup? Data itu tidak akan bisa dikembalikan. Atau setidaknya, untuk saat ini pihak WhatsApp belum memberikan fitur untuk itu. Jadi, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah berhati-hati dan sering-sering melakukan backup data jika obat merasa data itu penting.

Sampai sini tentu sudah jelas bukan, ada atau tidak cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus? Sebab, pada intinya WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk itu, tapi sobat bisa menggunakan fitur backup dan dan teratur mencadangkan data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *