Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

By | Juni 30, 2020

WhatsApp menjadi di salah satu aplikasi sosial media yang yang sangat digemari oleh masyarakat modern. Hal ini karena WhatsApp menyediakan banyak fasilitas komunikasi yang sangat menarik. Kecanggihan dari aplikasi ini juga tidak perlu diragukan. Meskipun menawarkan banyak fitur yang menarik, WhatsApp tetap ringan digunakan. Pengguna Whatsapp mungkin saja pernah mengalami masalah seperti file WhatsApp penting ternyata sudah terhapus padahal masih dibutuhkan. Jika anda mengalami masalah seperti ini maka sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus.

Sebenarnya di dalam aplikasi WhatsApp sudah ada banyak pengaturan penting yang dapat membantu memudahkan pengguna. Meskipun demikian masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara untuk mengembalikan file WhatsApp yang ternyata sudah terhapus.

Namun apakah mungkin jika file WhatsApp yang sudah terhapus dapat dikembalikan kembali? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan apabila anda ingin mengembalikan file WhatsApp meskipun sudah terhapus.

Perlu untuk diketahui bahwa WhatsApp akan melakukan backup file di dalam databace setiap jam 2 pagi. Jadi file Anda akan tersimpan secara otomatis hingga 7 hari. Selama belum mencapai lebih 7 hari maka file masih tersimpan di dalam database.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah un- install aplikasi WhatsApp dari smartphone terlebih dahulu. Anda tentu sudah mengetahui bagaimana cara untuk meng un-install aplikasi dari smartphone anda.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Langkah yang selanjutnya Anda bisa kembali menginstal aplikasi WhatsApp. Jika sudah terinstal tinggal buka aplikasi tersebut.
  • Mulailah untuk masuk ke aplikasi WhatsApp dari awal seperti ketika anda baru saja menggunakan WhatsApp app. Proses ini akan membutuhkan nomor telepon anda serta persetujuan tentang syarat dan ketentuan yang berlaku.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Apabila sudah masuk maka tinggal lakukan registrasi WhatsApp dengan memasukkan atau melakukan verifikasi nomor. Masukkanlah nomor handphone yang biasa digunakan di akun Whatsapp anda. Jika sudah tinggal klik opsi next dan nantinya akan muncul konfirmasi oke.
ACara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan verifikasi nomor WhatsApp dengan memasukkan kode OTP ke dalam nomor telepon anda. Tunggu beberapa saat hingga proses sudah selesai karena proses ini otomatis.
  • Perlu Anda tahu bahwa fungsi dari kode OTP adalah untuk keamanan dan juga sebagai two-Factor authentication. Dengan memasukkan kode OTP maka bisa dipastikan jika identitas yang masuk memang benar-benar anda.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Jika sudah berhasil masuk dan memasukkan kode OTP maka lanjutkan dengan menunggu hingga proses verifikasi selesai. Secara otomatis WhatsApp akan berusaha mendeteksi file yang tersimpan di dalam backup.
  • Jika sudah muncul restore backup pada layar maka bisa pilih atau klik restore.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus sudah hampir selesai. Anda tinggal menunggu hingga proses restore berhasil. Jika sudah selesai klik opsi next agar file WhatsApp dapat segera kembali.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus
  • Langkah yang terakhir adalah tinggal melihat apakah file yang anda inginkan sudah bisa dilihat kembali.
Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Proses pengembalian file WhatsApp akan membutuhkan waktu beberapa saat. Apabila proses sudah selesai dan berhasil maka semua file WhatsApp baik yang berupa teks, gambar, video, dokumen atau yang lainnya akan kembali dapat dilihat.

Itulah tentang bagaimana cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yang bisa anda coba lakukan. Hal yang terpenting adalah file akan dapat kembali jika file tersebut belum melebihi 7 hari atau  sudah anda backup sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *