Cara Scan Barcode WhatsApp Mudah

By | Juni 16, 2020

Selain digunakan di ponsel Android atau Iphone, WhatsApp juga bisa digunakan di PC melalui WhatsApp Web. Untuk mengakses WhatsApp Web, kamu tidak perlu menginstal apapun, kamu hanya perlu membuka situsnya melalui mesin pencari. Namun saat membuka WhatsApp Web, kamu akan diminta melakukan scan barcode terlebih dahulu. Untuk mengetahui cara scan barcode WhatsApp, kamu bisa membaca ulasan berikut.

Cara Scan Barcode WhatsApp

Cara Scan Barcode WhatsApp
Cara Scan Barcode WhatsApp

Tidak sulit untuk melakukan scanning pada barcode WhatsApp. Setidaknya ada empat langkah yang harus kamu lakukan, yaitu :

  • Membuka Pengaturan/Setelan WhatsApp, atau titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Klik pilihan WhatsApp Web.
  • Kamu akan menemukan kamera scanner di menu tersebut.
  • kamera tersebut bisa kamu gunakan untuk memindai barcode.

Barcode-nya bisa kamu peroleh di halaman WhatsApp Web, alamat situsnya adalah web.whatsapp.com. Untuk lebih jelas, langkah-langkahnya secara lebih rinci adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk bagian titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Di antara beberapa opsinya, kamu bisa memilih WhatsApp Web.
  2. Kamu akan menemukan kamera untuk scanner.
  3. Buka web.whatsapp.com melalui mesin pencari di PC-mu.
  4. Arahkan kamera scanner di ponselmu ke barcode yang muncul di WhatsApp Web.

Kegunaan Barcode WhatsApp

Barcode atau kode QR untuk masuk ke WhatsApp Web tentu memiliki kegunaan tertentu. Beberapa kegunaan dari barcode WhatsApp, antara lain sebagai berikut.

Sebagai izin masuk untuk menjamin keamanan akun 

Menjamin keamanan akun WhatsApp menjadi fungsi utama dari barcode Whatsapp. Kalau akun yang digunakan untuk masuk ke WhatsApp Web berbeda dari akun pemiliknya, tentu izin masuk tidak bisa didapatkan.

Kode QR yang dinamis  

Kode QR Whatsapp yang muncul di PC itu bisa dipindai karena sifatnya yang dinamis. Kalau tidak segera dilakukan pemindaian, kode tersebut akan berubah setelah beberapa menit.  Perubahan ini tentunya juga bertujuan untuk keamanan pengguna WhatsApp. Kode barcode biasanya tidak bertahan lebih lama dari akan 18 detik, setelah waktu itu, biasanya kode akan langsung berubah.

Tidak sulit bukan cara scan barcode WhatsApp? Ketika melakukan proses scan, pastikan koneksi internetmu stabil ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *