Ketahui Cara Membuat BOT WhatsApp Berikut Ini

By | Juni 10, 2020

Apa kamu pernah menemukan media sosial perusahaan atau lembaga tertentu yang membalas pesan secara otomatis dan menggunakan format khusus? Pesan yang seperti itu biasanya dilakukan oleh BOT. Untuk kamu yang ingin mencobanya di WhatsApp, berikut ulasan terkait cara membuat BOT WhatsApp.

Mengetahui BOT WhatsApp dan Cara Membuatnya

Cara Membuat BOT WhatsApp
Cara Membuat BOT WhatsApp

BOT merupakan singkatan dari Balas Otomatis. Sesuai namanya, program ini memang dibuat untuk merespon pesan secara otomatis. Jadi meskipun kamu tengah tidak membuka WhatsApp, pesan yang masuk ke WhatsApp-mu akan tetap terbalas.

Sebenarnya WhatsApp sendiri sudah memiliki layanan WhatsApp Business untuk kebutuhan bisnis penggunanya. Salah satu fitur yang ada pada WhatsApp Business itu adalah fitur BOT, namun terbilang masih terbatas.

Kamu juga bisa mengatur BOT meski tanpa WhatsApp Business dengan memberikan modifikasi pada WhatsApp-mu. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah GBWhatsApp. Beberapa fitur Auto Reply pada GBWhatsApp, antara lain sebagai berikut.

  • Membalas pesan dengan kalimat yang sudah kamu buat
  • Menunda pesan yang akan dibalas untuk beberapa detik
  • Menentukan kontak atau grup untuk menjawab pesan otomatis
  • Waktu aktif dan non-aktifnya pengiriman pesan otomatis

Untuk mengaktifkan fitur BOT ini, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Mengunduh GBWhatsApp terlebih dahulu. Setelah terunduh, aplikasi tersebut akan otomatis terpasang di ponselmu. Lakukan proses verifikasi jika aplikasi tersebut sudah terpasang.
  2. Buka dan jalankan aplikasi GBWhatsApp.
  3. Pilih menu Pengaturan GB kemudian klik Jawab Pesan Otomatis dan Aktifkan. Setelah itu, lanjutkan dengan menekan tombol +.
  4. Kalau sudah, sesuaikan pengaturan dengan kebutuhanmu.
  5. Setelah proses konfigurasi selesai, jangan lupa untuk menekan pilihan Simpan.
  6. Untuk mengaktifkan berbagai fitur tersebut, kamu bisa menekan tombol merah yang berada di kanan atas.

Kalau semua langkah di atas sudah kamu lakukan, BOT Chat WhatsApp sudah aktif. Aplikasi ini akan tetap aktif meski ditutup, asalkan ponselmu tetap terhubung ke internet. Yang penting, pastikan kalau kamu sudah melakukan pengaturannya dengan benar ya. Usahakan tidak ada pihak yang terganggu karena BOT WhatsApp yang kamu buat.

Jadi, begitu cara membuat BOT WhatsApp untuk membuat pesan balasan otomatis pada pesan yang masuk. Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *