Langkah-Langkah untuk Membuat Mail Merge

By | Juni 17, 2020

Kamu pernah membuat atau mungkin menggunakan mail merge? Untuk kamu yang belum tahu, mail merge merupakan fitur yang membantu dalam pembuatan surat untuk orang banyak. Kalau kamu ingin belajar membuat mail merge, kamu bisa membaca ulasan mengenai langkah-langkah untuk membuat mail merge berikut.

Membuat Mail Merge di MS. Word 

Langkah-Langkah untuk Membuat Mail Merge
Langkah-Langkah untuk Membuat Mail Merge

Kalau kamu mau membuat mail mark di Microsoft Word, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Membuat teksnya terlebih dahulu.
  2. Setelah teks selesai, operasikan mail merge wizard. Klik menu Maillings > Start Mail Merge > Step by Step Mail Merge Wizard. Kemudian Wizard akan muncul di bagian kanan. 
  3. Setelah itu, kamu pilih document type Letters lalu klik Next yang berada di bawah wizard.
  4. Selanjutnya pilih Use the current document, lalu klik Next lagi.
  5. Masih belum selesai. Pilih Type a new list, dan klik Create.
  6. Kamu akan menemukan kotak dialog baru untuk mengisi data nama dan alamat dari mail merge-mu. Sebenarnya MS word sudah menyediakan kolom default, namun kamu tetap bisa membuat yang baru untuk penyesuaian. Caranya mudah, tinggal klik Costumize Columns.
  7. Hapus semua field names yang ada lalu buat field names baru sesuai kebutuhanmu. Klik OK, lalu ulangi klik OK lagi.
  8. Jadi sudah terbentuk kolom yang baru dimana hanya terdiri dua kolom saja. Isikan data sesuai dengan yang akan dimasukan ke surat nanti, seperti nama dan alamat. Jika sudah klik OK dan simpan file tersebut.
  9. Setelah disimpan, kamu bisa memilih data yang akan kamu gunakan, lalu klik OK.
  10. Taruh kursor pada kalimat tertentu di surat yang kamu buat. Pada menu Maillings di grup Write&Insert, silakan klik Insert Merge Field, kemudiaan pilih nama. Lakukan hal ini pada kalimat lainnya.
  11. Kamu bisa klik Preview Result untuk mengecek hasilnya satu per satu. Untuk melihat Jika hasil lainnya, kamu tinggal mengganti indeks nomornya sesuai nomor data pada tabel.
  12. Kalau menurutmu semua sudah tepat, simpan sebagai dokumen baru, atau langsung mencetaknya.

Sebagai tahap terakhir dari langkah-langkah untuk membuat mail merge, silakan klik Finish&Merge. Kamu bisa memilih Edit Individual Documents untuk menyimpan hasil mail merge ke dokumen baru supaya tidak hilang. Selain itu, kamu juga bisa memilih Print Documents untuk mencetaknya langsung.

Begitulah di MS Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *