Pelajari Cara Meningkatkan Traffic Website

By | Juni 15, 2020

Memiliki situs dengan traffic yang tinggi tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri, terlebih untuk website toko online. Namun mendatangkan banyak pengunjung ke situsmu juga tidak mudah, karena kamu juga bersaing dengan banyak situs lain. Kalau kamu mau tahu tentang cara meningkatkan traffic website, kamu bisa membacanya di sini.

Cara-cara untuk Meningkatkan Traffic Website
Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic situs yang kamu punya.

Melakukan Riset Kata Kunci

Cara Meningkatkan Traffic Website
Cara Meningkatkan Traffic Website

Untuk melakukan riset ini, kamu bisa meminta bantuan tools yang sudah tersedia. Biasanya kamu akan menemukan dua jenis kata kunci/keyword, yaitu short tail dan long tail keyword. Kalau kamu masih pemula, lebih baik kamu memilih long tail keyword.

Untuk mendukung variasi kata kunci, kamu bisa memanfaatkan LSI keyword supaya artikelmu lebih manusiawi. Untuk memperoleh LSI, kamu bisa menggunakan layanan LSIGraph atau LSIKeywords.

Menulis Artikel dengan Lengkap dan Baik

Terdapat analisis dari Backlink.io, yang menunjukkan bahwa kebanyakan panjang artikel situs yang muncul di halaman pertama Google adalah 1890 kata. Namun tetap sesuaikan dengan topik artikelmu ya. Yang pasti, semakin lengkap semakin baik.

Artikelmu juga membutuhkan judul yang menarik dengan memasukkan kata kunci dalam judul. Tetapi pastikan judul tetap sesuai dengan isi artikelmu.

Memberi Visual atau Video

Supaya artikelmu lebih menarik, kamu bisa menambahkan infografik, foto, atau gambar ilustrasi. Kalau diperlukan, kamu juga bisa menambahkan video. Faktpr-faktor ini bisa meningkatkan nilai bounce rate situsmu.

Meningkatkan Kecepatan dan Responsif

Kalau kecepatan situsmuu lebih dari 3 detik, pengunjung mungkin bisa cepat meninggalkan situsmu. Untuk mempelajari ini, kamu bisa mempelajarinya di kursus tertentu. Selain itu, pastikan website-mu juga responsif, baik di PC maupun di ponsel.

Selain keempat cara di atas, kamu masih bisa menggunakan cara-cara di bawah ini.

  • Memakai internal link.
  • Melakukan guest post di website yang traffic-nya tinggi.
  • Berpartisipasi aktif di komunitas online yang sesuai dengan ranah website.
  • Memberikan pilihan untuk membagi artikel ke media sosial.
  • Rutin melakukan pembaruan konten dan membagikannya ke media sosial. 
  • Mengirimkan marketing email.
  • Memanfaatkan situs medium.
  • Memanfaatkan paid search.
  • Meriset kompetitor, salah satunya dengan Ahrefs.
  • Memperbaiki SEO on page maupu off page.

Itu dia beberapa cara meningkatkan traffic website. Kalau kamu merupakan pemula, kamu sebaiknya mempelajarinya lebih banyak lagi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *