Peranan Teknologi dalam Pendidikan

By | Juni 17, 2020

Peranan teknologi dalam pendidikan sangat penting. Bahkan kecanggihan teknologilah yang menjamin pendidikan bisa dijalankan sesuai jaman dan masanya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi teknologi dalam pendidikan. Terutama yang dampaknya benar-benar terlihat di jaman ini. Berikut ulasannya :

Peranan Teknologi dalam Pendidikan
Peranan Teknologi dalam Pendidikan

1. Pembelajaran akan Lebih Menarik

Dengan adanya teknologi pendidikan maupun pendidikan berbasis teknologi, maka tentunya pembelajaran formal maupun non formal lebih menarik minat. Karena jika pembelajaran berbasis digital desainnya pasti full color dan menggunakan sistem audio visual.

Pembelajaran semacam ini tentu tidak membosankan. Sekalipun mata pelajaran yang dipelajari adalah Bahasa Inggris dan Matematika yang dianggap bidang studi tersulit.

2. Menjamin Tujuan Pendidikan Lebih Terarah

Peranan teknologi dalam pendidikan yang selanjutnya adalah menjamin tujuan pendidikan lebih terarah. Tujuan yang dimaksud adalah sasaran pendidikan era ini yang identik dengan globalisme dan modernitas.

Tidak dimungkiri, dengan munculnya teknologi internet, maka perangkat teknologi sudah semakin canggih. Nah, Jika tidak ingin generasi muda tersingkir dari persaingan, maka mereka harus menyongsong era teknologi dengan kemampuan iptek yang bagus.

Maka dari itu, dengan diluncurkannya pendidikan berbasis teknologi, tentu generasi muda sudah siap untuk menyongsong jaman. Bisa jadi, mereka tidak akan menjadi penonton tetapi kelak bisa menjadi pelahir teknologi itu sendiri. 

3. Implementasi Kurikulum Pendidikan Jauh Lebih Mudah

Semua materi pembelajaran yang termaktub di dalam kurikulum pendidikan, tentunya harus diajarkan kepada siswa secara penuh. Nah, jika kembali ke metode pendidikan jaman dulu ketika masih belum ada teknologi tentu prosesnya jauh lebih sulit.

Nah di jaman ini, ketika teknologi sudah muncul, maka proses implementasi pendidikan jauh lebih mudah. Bahkan guru tidak perlu capek mengajar full time di depan kelas. Karena sebagian besar waktunya sudah bisa diganti media.

4. Pembelajaran Menjadi Lebih Praktis

Dengan adanya teknologi di dalam pendidikan, tentunya pembelajaran menjadi lebih praktis. Karena guru tidak perlu mempersiapkan setumpuk buku, karena semuanya sudah terwakili oleh slide power point.

Selain itu, siswa juga tidak perlu membawa buku tulis yang membuat mereka kelelahan akibat membawa tas yang berat. Karena saat ini, semua materi pelajaran sudah bisa ditulis dan disimpan di laptop atau smartphone.

Dengan adanya peranan teknologi dalam pendidikan yang sudah dijelaskan di atas, maka seharusnya semua sekolah harus sudah beralih pada metode ini. Minimal agar pendidikan lebih atraktif, kreatif dan menarik minat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *