Siapapun Bisa! Begini Cara Restore Chat WhatsApp

By | Juni 30, 2020

Bergonta-ganti smartphone merupakan hal yang sering dilakukan oleh masyarakat modern saat ini. Ada banyak alasan kenapa orang harus mengganti HP misalnya saja seperti HP rusak, upgrade Handphone ke yang baru dan lain sebagainya. Ketika bergonta-ganti handphone maka anda akan kehilangan berbagai file dari handphone lama termasuk history WhatsApp. Bagi anda yang ganti handphone maka perlu untuk mengetahui bagaimana cara restore chat WhatsApp dengan mudah.

Dengan mengetahui cara restore chat WhatsApp maka anda tidak perlu khawatir lagi jika harus berganti HP. Terkadang chat WhatsApp yang dimiliki merupakan sesuatu yang penting karena berisi tentang pekerjaan atau yang lainnya. Jika sudah tahu cara restore riwayat pesan WhatsApp maka berapa kali pun anda bergonta-ganti handphone tentu tidak akan menyebabkan masalah.

Berikut ini adalah cara mudah yang bisa anda lakukan untuk merestore riwayat chat WhatsApp di Android.

Sebelum anda memutuskan untuk mengganti smartphone maka perlu untuk membackup WhatsApp terlebih dahulu.

Cara Backup WhatsApp

Dengan melakukan backup WhatsApp di Google Drive maka chatting anda akan aman sehingga nantinya bisa dikembalikan seperti semula ke handphone baru atau handphone lain.

Untuk melakukan backup maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah yang pertama adalah Buka aplikasi Whatsapp anda lalu cari menu setelan lanjutkan dengan klik opsi chat dan lanjutkan dengan klik cadangan chat.

Cara Restore Chat WhatsApp
Cadangkan chat

Apabila sudah maka lakukan klik pada opsi cadangkan ke Google Drive. Jangan lupa untuk memilih frekuensi pencadangan sesuai waktu yang anda inginkan.

Cara Restore Chat WhatsApp
Klik Opsi Cadangkan

Selanjutnya anda akan diarahkan untuk memilih akun yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat. Pilihlah akun Google yang memang biasa anda gunakan. Klik tambahkan akun lalu anda harus memasukkan informasi agar bisa login.

Jika sudah selanjutnya anda harus memilih jaringan yang akan digunakan, apakah anda akan menggunakan jaringan data seluler atau wi-fi. Pilihlah yang memang sesuai dengan keinginan atau yang memang biasa adalah gunakan.

Ikuti petunjuk yang ada hingga proses backup telah selesai.

Cara Restore Chat WhatsApp

Hal yang perlu untuk diperhatikan ketika melakukan restore adalah pastikan jika nomor yang digunakan dan akun Google drive anda sama dengan yang digunakan di perangkat lama.

Jika sudah siap maka bisa melakukan beberapa langkah langkah mudah berikut ini.

  • Cara restore chat WhatsApp bisa dimulai dengan menginstal kembali aplikasi WhatsApp ada di ponsel baru atau ponsel yang lain.
Cara Restore Chat WhatsApp
Cara Restore Chat WhatsApp
  • Jangan lupa untuk melakukan verifikasi nomor agar bisa memulihkan atau merestore chat WhatsApp dari Google Drive.
Cara Restore Chat WhatsApp
Cara Restore Chat WhatsApp
  • Setelah selesai melakukan verifikasi nomor nantinya akan muncul permintaan di layar anda untuk melakukan pemulihan.
Cara Restore Chat WhatsApp
Cara Restore Chat WhatsApp
  • Ketuk opsi pulihkan dari media Google Drive agar ponsel anda bisa secara otomatis restore chat WhatsApp.
  • Langkah restore chat WhatsApp yang selanjutnya adalah Anda tinggal pilih opsi lanjut. Setelah itu chat WhatsApp akan kembali ditampilkan apabila proses inisialisasi sudah selesai.
Cara Restore Chat WhatsApp
Cara Restore Chat WhatsApp
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan atau restore file media dari WhatsApp sudah selesai.
Cara Restore Chat WhatsApp
Cara Restore Chat WhatsApp

Cara restore chat WhatsApp di Android ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Kecanggihan teknologi saat ini memang begitu banyak memberi kemudahan bagi kita semua.

Setelah mengetahui cara restore chat WhatsApp di Android anda tidak perlu merasa bingung lagi ketika terpaksa harus ganti HP. Sekian informasi yang dapat disampaikan semoga langkah-langkah yang telah disebutkan di atas dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *