Teknologi Energi Terbarukan dan Jenisnya

By | Juni 3, 2020

Teknologi Energi Terbarukan dan Jenisnya – Energi sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk melakukan usaha setiap harinya. Kaitannya dengan energi, ada istilah energi terbarukan. Ini adalah sebutan bagi energi yang cukup mudah untuk dipulihkan dengan mudah dan alami dengan prosesnya yang berkelanjutan.

Adapun prosesnya adalah berasal dari sumber daya energi yang dikelola dengan baik. Nama lainnya adalah sustainable energy atau energi berkelanjutan. Beberapa sifat yang dimiliki oleh energi terbarukan adalah sifatnya yang dapat pulih kembali secara alami, jauh lebih bersih, lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan sumber energi lain yang tidak dapat diperbaharui.

Teknologi Energi Terbarukan dan Jenisnya

Teknologi Energi Terbarukan dan Jenisnya
Teknologi Energi Terbarukan dan Jenisnya

Beberapa jenis teknologi energi terbarukan yang bisa Anda manfaatkan adalah sebagai berikut :

Biofuel

Nama lainnya adalah bahan bakar hayati. Bahan bakar ini merupakan sumber energi terbarukan yang diproduksi oleh bahan organik. Adapun sumbernya adalah tumbuhan yang tinggi kadar gulanya seperti halnya tebu dan sorgum, serta tumbuhan yang kaya akan kandungan minyak nabatinya seperti halnya ganggang, jarak, dan kelapa sawit.

Biomassa

Teknologi energi terbarukan selanjutnya adalah biomassa. Ini adalah jenis energri yang terbuat dari organisme biologis  yang masih hidup. Sumbernya antara lain adalah limbah, kayu dan alcohol.

Panas bumi

Dalam ilmu pengetahuan, kita biasanya menyebutnya dengan sebutan geothermal. Ini adalah jenis sumber energi terbarukan yang berupa energi panas yang berada di dalam lapisan dalam bumi. Energi panas bumi ini sangat ekonomis, ramah lingkungan, berkelanjutan dan sangat ekonomis. Energi ini sangat berguna bagi kehidupan manusia, hanya saja untuk cara pemanfaatannya masih sangat terkendala oleh teknologi.

Air

Ini adalah energi terbarukan yang banyak digunakan. Caranya adalah dengan memanfaatkan energi potensial maupun energi kinetik yang ada pada air. Saat ini, pemanfaatan energi listrik yang ada di dunia sebanyak 20 persennya menggunakan energi air.

Angin

Teknologi energi terbarukan selanjutnya adalah angin.  Ini berarti sumber dari energi terbarukan tersebut adalah dari angin. Seperti halnya saat menggunakan kincir angin yang kemudian diubah menjadi energi listrik atau energi kinetik.

Matahari

Sumber dari teknologi energi terbarukan yang satu ini adalah radiasi sinar dan panas matahari yang dipancarkan secara langsung oleh sinar matahari. Beberapa pembangkit yang bersumber dari sinar matahari secara langsung adalah PLTS Karangasem (Bali), dan PLTS Solor Barat (NTT).

Gelombang laut

Ini adalah sumber energi terbarukan yang sumbernya tidak lain adalah dari naik turunnya gelombang air laut yang ada. Sumber energi terbarukan yang satu ini supply-nya cukup besar di Indonesia karena Indonesia termasuk negara maritim. Hingga kini,  sumber energi terbarukan dengan sumber gelombang laut sedang dikembangkan agar lebih maksimal hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *