Teknologi Open Source dalam Pembuatan Bot Telegram

By | Juni 2, 2020

Teknologi Open Source – Siapa yang tidak tahu telegram? Aplikasi ini kini marak digunakan lagi setelah dibukanya blokir oleh pemerintah yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Pemerintah memblokir aplikasi percakapan ini dikarenakan aplikasi ini telah dicurigai menjadi sarana komunikasi “aman” yang digunakan oleh teroris.

Mengenal telegram dan fitur open source

Teknologi Open Source
Teknologi Open Source

Telegram sebenarnya merupakan aplikasi percakapan yang mengutamakan kecepatan dan keamanan bagi para penggunanya. Namun dikarenakan telegram memiliki teknologi open source maka ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi  ini. Inilah salah satu yang menjadikan telegram banyak digunakan oleh usernya.

Selain dari citra negatif yang sempat disandang aplikasi ini, aplikasi telegram dengan teknologi open source nya ini bisa sangat berguna dan bisa digunakan dalam berbagai hal positif. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai macam hal pada aplikasi ini contohnya membuat bot telegram. User harus terlebih dahulu mengetahui cara membuat bot telegram agar bisa memanfaatkan aplikasi ini lebih jauh.

Teknologi open source ini juga memungkinkan bagi siapapun untuk memverifikasi bahwa kode yang ada pada GitHub adalah kode yang sma yang digunakan pada aplikasi yang didownload para penggunanya baik dari Google Play atau Play Store.

Bot dan aplikasi kustom dengan TDLib

Berbicara mengenai membuat bot telegram ataupun aplikasi kustom lainnya, telegram telah menyediakan TDLib atau Telegram Database Library. Apa ituTDLib? Telegram  database Library merupakan kilen telegram yang didesain untuk para developer agar bisa membuat aplikasi kustom menggunakan platform telegram.

Keuntungan dari penggunaan TDLib ini banyak sekali :

1. TDLib bisa digunakan di segala macam platform, mulai dari Android, iOS, MacOS, Windows, Windows Phone, Linux dan sistem operasi lainnya.
2. TDLib dapat dengan mudah digunakan dengan bahasa programming apapun yang bisa mengeksekusi fungsi C. Bahkan ini telah mempunyai native binding ke Java dan C#.
3. TDLIB sangatlah mudah untuk digunakan. Hal ini karena TDLib telah mengatasi semua detil implementasi jaringan, enkripsi serta penyimpanan data lokal.
4. TDLib mempunyai performa tinggi. Pada telegram bot API, tiap-tiap dari TDLib dapat menghandle 24 ribu bot yang aktif secara bersamaan.
5. Semua metode TDLib API dan antarmuka publik didokumentasikan secara baik dan penuh.
6. TDLib memastikan bahwa semua update akan diberikan dengan urutan yang sesuai dan konsisten.
7. TDLib sangat bisa diandalkan karena dapat tetap stabil meskipun dengan koneksi internet yang pelan dan tidak bisa diandalkan.
8. TDLib menjamin keamanan karena semua data lokal akan di enkripsi menggunakan kunci enkripsi yang tersedia untuk user.
9. Permintaan yang dikirim ke TDLib tidak serta memblokir satu sama lain karena respons akan dikirim begitu tersedia.

Teknologi open source pada telegram dapat sangat berguna untuk menciptakan bot-bot atau aplikasi kustom lain yang memfasilitasi kemudahan. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *