Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

By | Juli 1, 2020

WhatsApp adalah salah satu layanan pesan di smartphone Android dan Iphone paling populer. Hampir semua orang menggunakan layanan WhatsApp untuk berbagi pesan, suara, dokumen, hingga video. Fitur yang lengkap dengan tampilan sederhana membuat WhatsApp menjadi aplikasi pesan paling populer di kalangan masyarakat. Tapi sudah tahukah anda cara melihat history Whatsapp di komputer?

Melihat history Whatsapp kadang menjadi suatu yang dibutuhkan. Mungkin anda pernah merasakan hal demikian. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin melihat history Whatsapp. Salah satunya yaitu membaca pesan Whatsapp yang sudah terlanjur terhapus.

Cara Melihat History Whatsapp di Komputer 

Anda bisa menggunakan komputer atau PC untuk membaca kembali pesan Whatsapp yang sudah terhapus. Dengan menggunakan cara Export Chat, anda bisa secara mudah melihat kembali history pesan Whatsapp. Nantinya anda bisa membuka kembali pesan-pesan Whatsapp yang telah terhapus. Berikut adalah cara membuka history Whatsapp melalui komputer.

Pertama, Buka Aplikasi Whatsapp. 

Buka Whatsapp anda, kemudian cadangkan Whatsapp ke email yang akan digunakan untuk membaca pesan kembali di WA.

Cara Melihat History Whatsapp di Komputer
Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

Cara mencadangkan pesan ke email tujuan cukup mudah, yaitu dengan mengekspor pesan / export chat. Buka obrolan yang akan anda ekspor. Kemudian, klik menu tiga titik di sebelah kanan atas. Pilih lainnya, lalu pilih pilihan menu Ekspor Obrolan.

Cara Melihat History Whatsapp di Komputer
Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

Anda bisa memilih jenis obrolan yang ingin diekspor ke email.

Cara Melihat History Whatsapp di Komputer
Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

Pilihannya ada dua, mengekspor obrol dengan media atau obrolan tanpa media. Jika anda ingin mengekspor pesan dengan memasukkan media (foto, video), anda bisa pilih Include Media.

Cara Melihat History Whatsapp di Komputer
Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

Ada kelebihan serta kekurangan jika mengekspor obrolan dengan atau tanpa media. Jika anda menyertakan media, kekurangannya yaitu anda tidak bisa mengekspor seluruh obrolan. Obrolan yang bisa diekspor dibatasi 60.000 hingga 70.000 karakter terakhir obrolan.

Berbeda jika tidak menyertakan media, hanya teksnya saja. Seluruh histori obrolan bisa diekspor. Anda bisa memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Atau bisa juga anda memilih mengekspor keduanya.   

Setelah berhasil mencadangkan Whatsapp ke email tujuan, silahkan coba hapus pesan yang ada di Whatsapp.

Kedua, Buka Komputer, PC, atau Laptop 

Buka komputer anda, masuk ke email yang dijadikan untuk mencadangkan file Whatsapp tadi. Saat anda buka email tersebut, anda akan menemukan 2 jenis file pada kotak masuk. File pertama berisi cadangan media (foto, video). Sedangkan file kedua berjenis text atau cadangan pesan WA.

Cara Export Chat ini bisa anda lakukan sebagai cara melihat history Whatsapp di komputer. Pencadangan Whatsapp kadang memang penting. Apalagi saat kita ingin melihat pesan penting yang telah terhapus. Sebenaranya anda bisa mencadangkan atau mengekspor pesan tidak hanya ke email saja. Anda bisa mencadangkan pesan Whatsapp ke Google Drive secara berkala.

Baca juga : Cara Membuka Database Whatsapp Di Pc

Pesan maupun obrolan Whatsapp sebenarnya sangat penting untuk dicadangkan atau diekspor ke email atau Google Drive. Karena biasanya tanpa disadari, terdapat pesan penting pada obrolan yang dihapus. Kejadian seperti ini bisa dijadikan pelajaran agar selalu rutin mencadangkan pesan baik ke email atau Google Drive.

Pengguna Whatsapp bisa mengatur jangka waktu pencadangan obrolan Whatsapp. Beberapa pilihan jangka waktu pencadangan yang disediakan oleh layanan Whatsapp antara lain, harian, mingguan dan bulanan. 

Itulah bagaimana cara melihat history Whatsapp di komputer yang bisa anda lakukan. Sangat mudah sekali cara melihat kembali pesan-pesan penting yang telah terhapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *