Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak Simpel

By | Juli 8, 2020

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak -Jika ingin membuat akun whatsapp dengan lebih mudah, silakan pelajari cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak ponsel sobat. Pasalnya, tutorial ini bertujuan untuk memasukkan nomor handphone dan nama pengguna ke dalam aplikasi dengan lebih cepat.

Risiko Tidak Izinkan WA Mengakses Kontak
Jika sobat lupa memberi izin admin untuk mengakses kontak, tentu nomor handphone yang ada di dalam aplikasi WA sangat terbatas. Tak hanya itu, nama pemilik nomor juga tidak tampil di dalam aplikasi.

Yang paling menjengkelkan ialah sobat harus memasukkan nomor handphone yang ada di kontak satu persatu ke dalam whatsapp. Tentunya ini pekerjaan yang membuang waktu, pastinya pula sangat membosankan.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak
Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Untuk sobat yang masih belum mengetahui cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak ponsel, berikut ini cara yang paling mudah. Silakan diikuti tutorialnya dengan benar dan urutannya tidak ada yang salah. Ini dia penjelasannya :

Izinkan Menggunakan Fitur Bawaan Aplikasi

Persetujuan notifikasi izin WhatsApp mengakses kontak bisa dilakukan secara langsung dari ponsel dengan memanfaatkan fitur bawaan aplikasi. Biasanya developer menempatkan tool ini pada menu navigasi yang terletak di pojok kanan atas layar.

Sedangkan cara untuk mengaktifkannya silakan dilihat list di bawah ini. Tutorial paling simpel agar sobat tidak lupa untuk menyetujui notifikasi. Berikut cara-cara yang bisa sobat coba :

  1. Klik menu Navigasi atau ikon titik tiga
  2. Tap Setelan
  3. Jika muncul dashboard baru silakan pilih menu Kontak
  4. Aktifkan centang Show All Contact
  5. Done

Izinkan via Pengaturan Android

Cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak yang berikutnya adalah menggunakan pengaturan (setting) Android. Artinya sobat tidak perlu melakukan pengaturan pada aplikasi whatsapp, tetapi cukup melakukan settingan pada menu Kontak yang ada di dalam perangkat.

Jika tidak tahu cara melakukan pengaturan di atas, silakan ditiru saja tutorial di bawah ini. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengizinkan WhatsApp mengakses kontak telepon.

  1. Buka HP
  2. Klik fitur Setelan/Setting
  3. Cari tool Aplikasi lalu klik di sana
  4. Jika sudah muncul jendela baru klik Whatsapp
  5. Tap Izin
  6. Langkah terakhir adalah Aktifkan Kontak

Izinkan Via Fitur Security Ponsel

Cara yang terakhir ialah mengizinkan dengan menggunakan fitur Security ponsel. Untuk caranya silakan pelajari tutorial berikut :

  1. Buka menu Setting pada Android
  2. Scroll lalu pilih fitur Security atau keamanan
  3. Klik tool Izin Aplikasi
  4. Pilih menu Baca Kontak
  5. Jika muncul jendela baru, silakan temukan tool WhatsApp
  6. Klik menu WhatsApp 
  7. Akhiri dengan klik Izinkan

Jika cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak di atas dilakukan dengan baik dan benar, tentu sobat tidak perlu lagi meng-input nomor satu persatu. Karena aplikasi sendiri yang akan melakukannya secara otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *