Cara Mengunci Anggota Grup WhatsApp Agar Tidak Keluar

By | Juli 8, 2020

Cara mengunci anggota grup WhatsApp agar tidak keluar sepertinya masih belum ada. Pihak developer sendiri masih belum menyediakan fitur tersebut di dalam aplikasi yang dibuatnya.

Alasannya sederhana yaitu developer merilis fitur grup WA semata biar pengguna bisa berkomunikasi dengan nyaman dalam satu komunitas yang sepaham. Memang Untuk fitur ini yang bisa memasukkan anggota ke grup hanya admin. Akan tetapi semua anggota bebas untuk bertahan atau keluar dari grup tersebut.

Artinya memang belum ada admin grup WA yang bisa mengunci anggota agar tidak bisa keluar dari grup. Jika pun ada mungkin pengguna enggan untuk masuk ke dalam grup tersebut.

Baca juga : Cara Menjadi Admin Grup Wa Tanpa Persetujuan

Cara Mengunci Anggota Grup WhatsApp agar Tidak Bisa Berkirim Pesan

Cara Mengunci Anggota Grup WhatsApp
Cara Mengunci Anggota Grup WhatsApp

Cara mengunci anggota grup WhatsApp agar tidak keluar, dipastikan tidak ada. Namun untuk cara mengunci anggota supaya tidak bisa berkirim pesan, maka itu sudah tersedia di dalam aplikasi.

Jika fitur ini digunakan biasanya yang bisa berkirim pesan di grup WA hanya admin-nya saja. Sedangkan anggota tidak bisa mengirim dan membalas pesan tersebut melainkan hanya membacanya saja.

Baca juga : Cara Mengambil Alih Admin Grup Whatsapp

Biasanya grup yang menggunakan fitur ini adalah grup pembagian kerja yang bersistem perintah. Artinya tidak ada diskusi di dalam grup tersebut, melainkan berupa penyampaian informasi pekerjaan yang harus dilakukan oleh anggota.

Cara Mengunci Grup WA Hanya Admin

Saat ini pihak whatsapp mulai merilis satu fitur baru yang disebut ‘Only Admins’. Sebuah tool yang berfungsi sebagai penyampai informasi satu arah antara admin dengan anggota dan bukan sebaliknya.

Dengan fitur ini admin bisa berkirim pesan di grup tetapi anggota tidak bisa melakukannya. Sedangkan untuk cara mengaktifkan fitur, silakan lihat tutorial berikut :

1. Aktifkan aplikasi WhatsApp
2. Masuk ke opsi Chat Grup lalu klik Grup Info
3. Tap ikon titik tiga di pojok layar
4. Pilih opsi ‘Send Massages’
5. Klik ‘Only Admins’
6. Done

Jika caranya benar biasanya di dalam dashboard grup akan tertulis notifikasi “yang bisa mengirim pesan hanya admin”. Sobat juga tidak bakal menemukan keyboard ponsel yang muncul di sana.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Anggota Dari Grup Wa Tanpa Terlihat

Begini Kiat Mengunci Anggota agar Tidak Keluar dari Grup WA

Sekalipun tidak ada cara mengunci anggota grup WhatsApp agar tidak keluar, ada beberapa kiat bagaimana sekiranya anggota enggan hengkang dari grup secara sukarela. Untuk uraian yang lebih jelas tentang kiat tersebut, berikut list yang bisa dicoba :

1. Admin grup harus sopan dan responsif
2. Grup berisi konten-konten yang baik, positif dan bernilai ilmu
3. Grup berisi kawan-kawan dekat dan keluarga
4. Tidak ada yang menggunakan profil palsu

Jika grup ini ada, mungkin anggota lebih betah berdiskusi di sana. Sehingga mereka tidak keluar sekalipun tidak diterapkan cara mengunci anggota grup WhatsApp agar tidak keluar dari WA.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Grup Wa Tanpa Keluar

Demikianlah cara mengunci grup wa hanya admin. Semoga dapat bermanfaat.

0 thoughts on “Cara Mengunci Anggota Grup WhatsApp Agar Tidak Keluar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *