Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card

By | Juli 10, 2020

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card – Kapasitas memori internal menjadi salah satu pertimbangan seseorang dalam membeli smartphone. Memori internal yang besar akan membantu menyimpan lebih banyak data. Hanya saja, terkadang memori internal yang tersedia tidak mencukupi sehingga memerlukan SD card. Jika ternyata banyak media yang harus disimpan di WhatsApp, sobat bisa mengubahnya ke SD card. Berikut cara setting penyimpanan WhatsApp ke SD card.

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card

Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card
Cara Setting Penyimpanan WhatsApp ke SD Card

Penggunaan SD card akan membantu dalam menyimpan media dalam jumlah besar yang jika disimpan dalam memori internal akan menguras kapasitas memori. Terlebih WhatsApp akan menyimpan media dalam bentuk audio, gambar, dan video yang sudah diunduh.

Dengan mengubah penyimpanan WhatsApp ke SD card akan membuat ringan kapasitas memori internal HP. Hanya saja, sobat perlu mengubah pengaturan penyimpanan terlebih dahulu dan pastikan SD card masih memiliki ruang yang cukup luas.

1. Mengubah Pengaturan Penyimpanan dengan Root

Cara ini mungkin akan membuat sobat berpikir ulang karena dianggap sebagai cara yang ilegal. Meski begitu, cara ini cukup efektif untuk menyimpan media WhatsApp di SD card.

Untuk melakukan root, sobat bisa mengunduh aplikasi FolderMount di PlayStore. Untuk menggunakannya, sobat hanya perlu memasang aplikasi dan nantinya file WhatsApp tidak hanya tersimpan di SD card, tetapi juga tersimpan di memori internal HP.

2. Menggunakan Apk Editor

Cara setting penyimpanan WhatsApp ke SD card bisa dilakukan dengan mengganti lokasi aplikasi WhatsApp ke memori eksternal. Jika HP sobat tidak mendukung untuk mengubah lokasi aplikasi, sobat bisa mengunduh Apk Editor.

Dengan Apk Editor akan memungkinkan sobat untuk memindah lokasi instal aplikasi. Secara otomatis karena lokasi penyimpanan aplikasi berada di SD card, maka media yang sudah terunduh di aplikasi WhatsApp pun akan masuk ke SD card. Sobat tidak perlu khawatir akan kesulitan menggunakan aplikasi ini karena dalam penggunaannya tidak memerlukan bahasa pemograman yang sulit.

3. Cara Manual

Jika sobat merasa kurang nyaman dengan kedua cara di atas, cara paling mudah untuk menyimpan media di SD card adalah dengan cara memindahkan satu per satu file. Cara ini bisa sobat lakukan jika kapasitas memori internal HP sudah sangat penuh dan sobat ingin sedikit menyisakan ruang memori tanpa harus mengunduh aplikasi baru di HP.

Meski terbilang mudah, sobat harus telaten saat memindahkan media ke SD card. Pasalnya, tidak hanya satu kali saja sobat harus memindahkan media, tetapi jika dirasa media WhatsApp sudah penuh, sobat bisa langsung memindahkan ke SD card. Agar memori internal menjadi lebih luas, perlu diperhatikan bahwa saat memindahkan media, hal yang dilakukan adalah potong media bukan salin media.

Cara setting penyimpanan WhatsApp ke SD card memang tidak memiliki fitur tersendiri untuk mengaturnya. Sobat bisa memilih ketiga cara di atas agar kapasitas memori internal menjadi lebih lapang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *