Emoticon WhatsApp Tidak Muncul, Inilah Cara Mudah Mengatasinya!

By | Juli 11, 2020

Emoticon WhatsApp Tidak Muncul – Salah satu fitur dari aplikasi WhatsApp yang banyak digunakan oleh penggunanya adalah adanya emoticon. Melalui fitur ini berkirim pesan di WhatsApp menjadi lebih menyenangkan sama seperti saat bertatap muka. Hanya saja terkadang emoticon WhatsApp tidak muncul karena beberapa hal.

Untuk bisa menyisipkan emoticon pada pesan WhatsApp, pastikan bahwa emoticon sudah tersedia pada aplikasi ini. Tetapi, jika tiba-tiba emoticon WhatsApp tidak muncul, bukan berarti hal ini bisa diabaikan. Sobat perlu mengatasi hal ini untuk mempermudah menggunakan emoticon saat mengirim pesan.

Cara Mengatasi Emoticon Whatsapp Tidak Muncul

Emoticon WhatsApp Tidak Muncul
Emoticon WhatsApp Tidak Muncul

Untuk memunculkan kembali emoticon yang ada, sobat perlu mengetahui penyebab utamanya. Biasanya hal ini dikarenakan adanya bug emoji WhatsApp. Untuk bisa mengembalikannya, ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan.

Perbarui Aplikasi WhatsApp

Agar tidak ada bug emoji WhatsApp, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbarunya. Sobat bisa mengecek versi terbaru WhatsApp di PlayStore. Agar WhatsApp bisa diperbarui dengan sukses, pastikan sobat menggunakan koneksi internet yang lancar dan memori internal HP masih mencukupi.

Gunakan Google Keyboard

Jika emoticon pada aplikasi WhatsApp tidak bisa muncul secara otomatis, sobat bisa memanfaatkan Google Keyboard yang biasanya juga sudah memiliki fitur emoticon. Untuk bisa menggunakan fitur ini disarankan menggunakan smartphone Android Lolipop ke atas.

Dengan menggunakan Google Keyboard, masalah emoticon WhatsApp tidak muncul bisa dengan mudah teratasi. Sobat juga hanya perlu mengunduh aplikasi Google Keyboard untuk memasang emoticon. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, berikut langkah-langkah yang perlu sobat lakukan.

  • Unduh aplikasi Google Keyboard di PlayStore dan instal
  • Buka Pengaturan perangkat
  • Pilih menu Keyboard dan Metode Input
  • Pilih Google Keyboard
  • Cobalah untuk menggunakan emoticon di WhatsApp dengan memilih simbol senyum pada keyboard HP. 

Gunakan Mode Auto Rotate Saat Mengirim Emoticon

Jika sobat masih belum bisa mengatasi emoji WhatsApp tidak muncul, coba untuk mengaktifkan mode auto rotate. Dengan mode ini, sobat bisa mencoba beragam emoticon dan bisa mengatasi bug emoticon WhatsApp. Biasanya bug emoticon akan memunculkan emoticon yang berbeda dengan emoticon yang dipilih. Misalnya, ingin menggunakan emoticon angka 6, tetapi yang terlihat emoticon angka 5.

Untuk mengatasi bug ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Aktifkan mode auto rotate dan pastikan HP dalam layar portrait
  • Buka WhatsApp dan buat chat baru
  • Meski sudah dimasukkan emoji angka 6, tapi yang terlihat angka 5. Biarkan seperti itu.
  • Bawa HP dalam posisi landscape. Akan muncul angka 5 tanpa emoji
  • Letakkan kursor di antara angka 5 dan kotak
  • Hapus angka 5 dan ganti dengan angka 6
  • Putar HP dalam posisi portrait dan emoji berubah menjadi emoji angka. 

Meski emoticon WhatsApp tidak muncul, cara-cara di atas bisa menjadi alternatif untuk memunculkan kembali emoticon WhatsApp. Jika masih belum bisa muncul, sobat juga bisa memanfaatkan fitur stiker pada WhatsApp versi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *