Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

By | Juli 14, 2020

Sobat pastinya pernah mendapatkan pemberitahuan pencadangan WhatsApp bukan? Nah, ternyata untuk mencadangkan data WhatsApp menggunakan Google Drive. Lalu, apakah manfaat melihat backup WhatsApp di Google Drive? Dan bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Mencadangkan WhatsApp di Google Drive

Melihat Backup WhatsApp di Google Drive
Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan adanya pemberitahuan mengenai pencadangan data WhatsApp. Biasanya pencadangan data WhatsApp bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna WhatsApp.

Jika sobat pernah mengklik persetujuan adanya penyimpanan cadangan data WhatsApp, maka sobat tidak perlu khawatir jika tiba-tiba WhatsApp mengalami masalah. Nah, untuk menambah informasi mengenai pencadangan data WhatsApp, berikut manfaat yang bisa sobat peroleh jika melakukan pencadangan data.

Baca juga : Cara Melihat History Whatsapp di Komputer

Sobat tak perlu ragu lagi jika terdapat pemberitahuan mengenai pencadangan WhatsApp. Hal ini untuk menjaga riwayat chat jika sewaktu-waktu HP rusak atau perlu di-restore. Dengan melakukan pencadangan WhatsApp ini, sobat masih bisa mendapatkan chat penting meski tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp.

Terkadang WhatsApp juga mengalami gangguan yang memerlukan instal ulang. Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi pesan WhatsApp yang tersimpan dalam aplikasi. Terlebih jika sobat menggunakan WhatsApp untuk menjalankan bisnis, tentunya memerlukan riwayat chat konsumen mengenai transaksi hingga testimoni. Agar tetap aman, pastikan untuk selalu mencadangkan pesan WhatsApp.

Salah satu media yang digunakan untuk mencadangkan WhatsApp adalah Google Drive. Melihat backup WhatsApp di Google Drive tentu saja bisa dilakukan melalui perangkat manapun yang sudah terhubung internet. Hal ini tentu saja akan memudahkan sobat untuk melihat riwayat chat WhatsApp tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp di HP.

Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive

Adanya fitur backup WhatsApp di Google Drive tentunya akan memberikan banyak keuntungan tanpa harus khawatir saat WhatsApp mengalami gangguan. Hanya saja untuk mencadangkan WhatsApp, email yang digunakan ada baiknya tidak diganti sejak awal. Mengganti email untuk mencadangkan WhatsApp akan berakibat tidak tersimpannya data WhatsApp yang dulu pernah dicadangkan.

Baca juga : Cara Backup WhatsApp iPhone ke Android

Untuk mempermudah dalam melihat backup WhatsApp, sobat bisa mengakses Google Drive sesuai dengan email yang sudah didaftarkan. Perlu diingat untuk bisa melihat cadangan WhatsApp di Google Drive memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya. Berikut cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive.

  • Buka aplikasi Google Drive atau kunjungi situs Google Drive
  • Masuk menggunakan email yang digunakan untuk mencadangkan WhatsApp
  • Pilih ikon roda gigi yang ada di kanan atas, kemudian pilih Setelan.
  • Klik menu Kelola Aplikasi
  • Cari WhatsApp yang ada didaftar, tunggu beberapa saat hingga semua daftar WhatsApp ditampilkan.
  • Akan ada Data Aplikasi Tersembunyi, tunggu hingga semua data WhatsApp tampil.

Mudah bukan melihat backup WhatsApp di Google Drive? Dengan mencadangkan WhatsApp akan membantu sobat mendapatkan segala data tanpa harus khawatir saat HP rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *