Penyebab HP Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp

By | Juli 11, 2020

HP Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp – Sobat ingin membuka WhatsApp melalui PC tapi terkendala saat proses scan kode barcode? Ada beberapa penyebab yang membuat HP tidak bisa scan kode barcode WhatsApp. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ulasannya.

Penyebab HP Tidak Bisa Scan Kode Barcode WA

HP Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp
HP Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp

Untuk bisa mengakses WhatsApp melalui PC, sobat perlu memindai kode barcode WhatsApp ke aplikasi WhatsApp di smartphone. Hal ini untuk menghubungkan akun WhatsApp ke PC, sehingga sobat bisa langsung mengakses WhatsApp di PC seperti layaknya melakukan login akun.

Tetapi, jika sobat baru pertama kali menggunakan WhatsApp Web di PC dan tidak bisa login. Bisa saja hal ini disebabkan oleh HP yang tidak bisa scan kode barcode WhatsApp. Berikut ini beberapa penyebab yang biasa terjadi saat tidak bisa login WhatsApp Web di PC.

Tidak Ada Koneksi Internet

Saat mengakses WhatsApp Web untuk pertama kalinya di PC, sobat tidak hanya membutuhkan koneksi internet untuk PC saja. Sobat juga memerlukan koneksi internet untuk smartphone.

Dengan adanya koneksi internet, WhatsApp pada Android akan menghubungkan data internet langsung ke WhatsApp Web di PC. Jadi, saat akan login WhatsApp Web pastikan pula bahwa Android juga memiliki jaringan internet ya? Selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan jaringan wifi yang memiliki koneksi lebih stabil.

Layar PC Kotor

Layar PC yang kotor dapat menutupi dot pada barcode WhatsApp. Inilah yang membuat HP tidak bisa scan barcode WhatsApp. Sobat bisa mengecek layar PC apakah terdapat debu yang menempel ataukah tidak. Untuk mengatasinya, bersihkan layar PC dengan cairan khusus pembersih LCD, sehingga membuat layar menjadi lebih bersih dan tidak tergores setelah dibersihkan dengan cairan yang aman.

Resolusi Kamera HP Rendah

Masalah HP yang tidak bisa melakukan scan kode barcode bisa terjadi karena HP memiliki resolusi kamera yang rendah. Untuk mengatasinya, ada baiknya sobat memfokuskan kamera saat akan memindai kode barcode WhatsApp. Jadi, meskipun resolusi kamera HP yang digunakan cukup rendah, aplikasi WhatsApp masih bisa memindai kode barcode dari WhatsApp Web.

Lensa Kamera HP Kotor

Selain layar PC yang kotor, sobat juga harus mengamati lensa kamera HP yang kotor. Lensa kamera yang kotor bisa menyebabkan hasil pindaian kode barcode menjadi buram dan tidak jelas. Hal inilah yang membuat kode barcode tidak diterima aplikasi WhatsApp, meskipun kamera HP yang digunakan berkualitas tinggi.

Untuk mengatasinya, sobat bisa membersihkan bagian luar dari lensa kamera. Gunakan tisu ataupun handuk yang lembut untuk membersihkannya. Jika ternyata yang kotor adalah bagian lensa yang ada di dalam, sebaiknya sobat membawa HP ke tukang reparasi HP untuk diperbaiki.

Scan kode barcode WhatsApp menjadi kunci penting untuk bisa masuk ke WhatsApp Web. Ketika HP tidak bisa scan barcode WhatsApp, jangan panik ya karena sobat masih bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *