Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka, Inilah Cara untuk Mengatasinya!

By | Juli 15, 2020

Notifikasi WhatsApp menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk membuat komunikasi menjadi lebih lancar. Hanya saja, terkadang ada masalah pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka yang akan membuat komunikasi menjadi terganggu. Agar komunikasi menjadi lebih lancar, tentunya sobat harus mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Pesan WA Tidak Bisa Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka

Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka
Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Pesan WhatsApp yang tidak bisa masuk ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab paling sering yang dialami adalah salah dalam pengaturan. Selain itu, memori penyimpanan yang hampir habis juga menjadi sebab pesan WA tidak dapat masuk jika aplikasi tidak dibuka.

Pesan yang tidak bisa masuk ini pastinya akan mengganggu komunikasi sobat, terlebih jika WhatsApp digunakan sebagai alat untuk bisnis. Hal ini tentu saja tidak ingin sobat alami bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, sobat bisa mencoba cara-cara berikut ini.

Pastikan untuk Mengaktifkan Data Layar Belakang WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur untuk tetap berjalan meskipun aplikasi sudah ditutup. Jika fitur ini dinonaktifkan pastinya akan membuat pesan tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka. Untuk mengembalikannya, berikut langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka Setelan dan klik menu Aplikasi
  • Pilih WhatsApp dan klik Data Latar Belakang untuk mengaktifkan

Hindari Menggunakan Mode Hemat Daya

Adanya fitur mode hemat daya memang akan menghemat penggunaan baterai, tetapi ternyata hal inilah yang bisa membuat pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka. Sobat bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara:

  • Buka Setelan dan pilih menu Baterai
  • Nonaktifkan Mode Hemat Daya

Cek Pengaturan Notifikasi WhatsApp

Untuk bisa mengetahui pesan WhatsApp yang masuk, pastikan sobat mengaktifkan setiap notifikasi aplikasi. Jika notifikasi tidak aktif, hal ini tentu saja berpengaruh pada pesan yang masuk, sehingga sobat harus rutin mengecek WhatsApp jika ada pesan masuk. Agar tidak repot, sobat bisa mencoba mengecek pengaturan notifikasi WhatsApp.

  • Buka Setelan 
  • Klik menu Pemberitahuan dan Bilah Status
  • Ketuk opsi Kelola Pemberitahuan
  • Pilih WhatsApp, pastikan untuk mengaktifkan fitur Izinkan Pemberitahuan dan Getaran Pemberitahuan

Bersihkan Cache

Cache yang sudah menumpuk dan tidak pernah dibersihkan akan menguras RAM dan membuat aplikasi berjalan lebih lambat. Agar hal ini tidak berdampak pada setiap pesan WhatsApp yang masuk, pastikan untuk membersihkan cache WhatsApp secara berkala.

Re-Install WhatsApp

Jika cara di atas tidak bisa membuat pesan WhatsApp bisa masuk, sobat perlu melakukan re-install WhatsApp. Hanya saja, cara ini akan berisiko membuat data yang tersimpan menjadi hilang. Sebelum melakukan hal ini, pastikan untuk membackup data.

Dengan melakukan cara di atas, masalah pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka akan bisa teratasi. Sobat bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu untuk mengecek pesan yang masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *