Tidak Bisa Kirim Gambar di WhatsApp, Ini Cara Mengatasinya!

By | Juli 16, 2020

Apakah sobat pernah mengalami kesulitan saat mengirim gambar di WhatsApp? Nah, kondisi tidak bisa kirim gambar di WhatsApp sekarang bisa sobat atasi dengan mengetahui penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab dan cara mengatasi kendala WhatsApp tidak bisa kirim gambar.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Tidak Bisa Kirim Gambar di WhatsApp
Tidak Bisa Kirim Gambar di WhatsApp

Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, sobat perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut penyebab WhatsApp tidak bisa kirim gambar yang biasa terjadi.

Tidak tersambung jaringan internet atau koneksi tidak stabil

Masalah koneksi internet menjadi masalah yang umum terjadi saat mengirim gambar. Terlebih jika ukuran file gambar cukup besar akan mempersulit proses pengiriman gambar.

Pengaturan waktu tidak akurat

Pengaturan tanggal dan waktu yang kurang akurat bisa menjadi penyebab gambar sulit dikirim. Biasanya penyebab masalah ini akan diperingatkan pada aplikasi dan sobat tinggal mengikuti langkah untuk mengatur kembali tanggal dan waktu pada HP.

Belum diizinkan untuk mengakses penyimpanan

Jika sobat belum pernah mengirim gambar sebelumnya, penyebab tidak bisa kirim gambar WA ini mungkin akan sobat alami. Akses izin WhatsApp ini diatur untuk keamanan dan kenyamanan pengguna WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Agar sobat bisa mengirim gambar di WhatsApp, cara berikut ini bisa dicoba. Untuk mempermudahnya, sobat perlu mengidentifikasi penyebabnya sebelum mencoba cara berikut.

Pastikan koneksi internet lancar

Agar proses mengirim gambar lancar dan tidak ada kendala, sobat perlu memastikan koneksi internet. Tidak bisa kirim gambar di WhatsApp juga bisa disebabkan oleh file gambar yang terlalu besar. Agar gambar sukses terkirim, sobat perlu mendapatkan koneksi internet yang memadai, seperti menggunakan provider yang tepat ataupun menggunakan koneksi wifi.

Hindari mengirim gambar banyak sekaligus
Mengirim gambar sekaligus bisa menghambat proses pengiriman gambar. Ada baiknya, sobat mengirim satu per satu gambar, terlebih jika koneksi internet sedang melemah.

Cek izin akses penyimpanan

Untuk bisa mengirim gambar, sobat perlu memastikan izin akses penyimpanan terlebih dahulu. Untuk memeriksanya, lakukan cara berikut ini.

  • Buka Pengaturan dan pilih menu Aplikasi
  • Klik WhatsApp
  • Pilih atau geser hingga menyala opsi penyimpanan

Atur visibilitas media

Visibilitas media menjadi fitur WhatsApp yang sudah diluncurkan sejak tahun 2018. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengakses media yang terkirim ke akunnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, sobat bisa membuka menu Setelan dan masuk ke Pengaturan Chat, kemudian aktifkan Visibilitas Media.

Clear cache

Adanya bug WhatsApp bisa menjadi pemicu WhatsApp tidak bisa mengirim gambar. Agar kembali normal, sobat bisa menghapus cache WhatsApp.

Atur waktu

Jangan lupa untuk mengatur waktu yang tepat. Sobat bisa menuju Pengaturan Waktu di HP. Untuk mempermudah, aktifkan fitur otomatis dalam pengaturan waktu.

Tidak bisa kirim gambar di WhatsApp kini bisa sobat atasi dengan mudah bukan? Pastikan untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *