Tips Membuat Tata Tertib Grup WhatsApp

By | Juli 16, 2020

Bagi sebagian orang mungkin tata tertib grup WhatsApp dianggap hal yang sepele. Tetapi ternyata tata tertib pada grup WA memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan anggota grup.

Pentingnya Tata Tertib Grup WA

Tata Tertib Grup WhatsApp
Tata Tertib Grup WhatsApp

Sobat sendiri pastinya pernah mengalaminya bukan saat gabung di sebuah grup WA yang sangat ramai tetapi ternyata hal yang diobrolkan hanya gurauan saja? Hal ini tentu saja akan membuatmu tak nyaman, terlebih jika notifikasi WhatsApp dalam kondisi hidup.

Jika yang menjadi admin adalah sobat sendiri, ada baiknya sobat membuat tata tertib grup agar kondisi grup WhatsApp menjadi lebih kondusif. Selain mencegah anggota grup yang keluar karena tidak nyaman, adanya grup WhatsApp juga selayaknya menjadi ajang silaturahim dan alat komunikasi antar anggota grup.

Adanya aturan pada grup WA bukan berarti membatasi percakapan antar anggota grup. Justru dengan adanya aturan yang ditetapkan, anggota bisa merasa nyaman. Sobat juga tidak perlu mengeluarkan anggota grup yang membuat rusuh ataupun yang sengaja memanfaatkan grup untuk kepentingan pribadinya.

Tips Membuat Tata Tertib Grup WhatsApp

Agar kenyamanan anggota grup WhatsApp tetap terjaga, sobat selaku admin grup WhatsApp perlu membuat tata tertib. Nah, untuk mempermudah membuat aturan grup WhatsApp, ada beberapa tips yang perlu sobat perhatikan.

Sesuaikan dengan Grup yang Dibuat

Hal pertama yang perlu sobat perhatikan adalah grup yang dibuat. Untuk membuat tata tertib Grup WhatsApp pada dasarnya fleksibel dan tidak bisa disamakan dengan aturan grup WhatsApp lain. Untuk aturannya, sobat bisa membuat daftar tata tertib, seperti waktu online, jenis obrolan, hal yang dilarang, maupun penggunaan bahasa.

Manfaatkan Fitur Deskripsi Grup

Agar tata tertib yang sudah dibuat bisa dipatuhi oleh seluruh anggota grup, sobat bisa mengirimkannya ke ruang chat grup. Agar tidak ada anggota yang terlewat membaca aturan grup, ada baiknya sobat menyematkan aturan grup yang dibuat ke kolom deskripsi grup. Hal ini untuk mempermudah anggota grup membaca aturan, terlebih bagi anggota yang baru masuk grup.

Atur Admin Only 

Jika sobat merasa percakapan grup sulit untuk dikendalikan, sobat bisa menutup grup untuk sementara ataupun saat jam online habis. Untuk menutupnya, sobat tidak perlu menghapus grup. Dengan adanya fitur Admin Only, maka ruang chat akan tertutup dan hanya admin yang bisa mengirim pesan.

Beri Sanksi

Meskipun ada tata tertib grup WhatsApp yang sudah dibuat, ada baiknya sobat juga menyertakan sanksi yang harus diterapkan jika ada anggota grup yang melanggar. Biasanya sanksi berupa dikeluarkannya anggota dari grup. Dan untuk mengeluarkan anggota dari grup hanya admin atau anggota yang bersangkutan keluar dengan sendirinya.

Tata tertib grup WhatsApp perlu sobat buat agar kenyamanan grup tetap terjaga. Agar tidak merugikan pihak lain, sobat bisa bekerjasama dengan admin ataupun anggota grup lain untuk membuat aturan grup WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *