Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Absensi dengan QR Code Gratis

By | Juli 24, 2020

Absensi adalah kata lain dari kehadiran dimana merupakan kegiatan untuk melaporkan kehadiran atau mengumpulkan data presensi dalam sebuah institusi. Tidak hanya di sekolah atau kampus, para karyawan juga harus melakukan absensi setiap harinya.

Untuk memudahkan kegiatan pengumpulan data kehadiran atau absensi, memanfaatkan aplikasi absensi dengan QR Code adalah solusi terbaik. Bagaimana cara menggunakan aplikasi absensi dengan QR Code gratisan, berikut informasi selengkapnya.

Kelebihan Menggunakan Absensi dengan QR Code

QR adalah kepanjangan dari Quick Respons atau respon cepat yang bertujuan untuk memberikan informasi yang cepat agar dapat direspon dengan cepat juga. Jika hal ini diaplikasikan pada instansi pendidikan, seperti di universitas tentunya akan memudahkan para siswa dan juga dosen.

Smartphone yang dimiliki para mahasiswa dapat digunakan untuk absen dengan QR Code. Hal tersebut dapat menghindari adanya praktik titip absen yang banyak dilakukan para mahasiswa untuk menghindari perkuliahan.

Tidak hanya di instansi pendidikan, para karyawan juga bisa menggunakan apliaksi absensi dengan QR Code karena lebih mudah dan menghindari kesalahan dalam verifikasi data presensi. Absensi dengan QR Code ini dapat menjadi solusi terbaik untuk menghindari kesalahan data atau kecurangan. Selain itu, cara membuat aplikasi absensi dengan QR Code juga mudah dan tidak ribet jadi sobat bisa mempraktikkannya langsung.

Langkah Membuat Aplikasi Absensi dengan QR Code

Aplikasi Absensi dengan QR Code
Aplikasi Absensi dengan QR Code

1. Membuat/ generate QR Code berbasis text pada Microsoft Excel

Sobat lakukan generate QR Code secara massal dengan mengunjungi https://qrexplore.com/generate/ (100 QR Code). Sobat bisa copy data peserta terlebih dahulu dan paste ke dalam kotak yang disediakan di laman ini. Kemudian klik generate codes dan tunggu hingga proses generating selesai.

Unduh QR Code pada halaman tersebut, unzip, dan share ke anggota atau siswa lainnya.

2. Instal aplikasi barcode ke Excel di smartphone

Kemudian, sobat scan QR Code para peserta atau anggota yang ingin dimasukkan dalam absensi, export ke Excel dan selesai. Semua data absensi akan masuk secara real time baik tanggal hingga jam absensi dan aplikasi ini tentunya gratis.

Meskipun absensi dengan sidik jari lebih banyak digunakan untuk saat ini, absensi dengan QR Code cenderung lebih efektif. Kelemahan menggunakan absensi dengan sidik jari, diantaranya adalah harga mesin yang mahal, terkadang sulit memindai sidik jari, dan mengumpulkan data absensi dalam mesin sidik jari yang susah. Sedangkan menggunakan aplikasi absensi dengan barcode atau QR Code lebih efektif serta memudahkan dalam pengumpulan data presensi.

Jika sobat tidak ingin ribet dengan urusan download dan instal aplikasi, sobat bisa membelinya sehingga tinggal terima beres. Ada banyak yang menjual aplikasi absensi QR Code berbasis Web dan lainnya. Namun, jika sobat menyukai sesuatu yang gratis, tutorial menggunakan aplikasi absensi dengan QR Code di atas semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *