WA Tidak Bisa Kirim Pesan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

By | Juli 18, 2020

WA menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang banyak digunakan karena mudah dan tidak memerlukan data internet yang banyak. Hanya saja, terkadang ada masalah seperti WA tidak bisa kirim pesan yang akan membuat sobat bingung karena ada pesan penting yang harus dibalas. Agar WA bisa berjalan normal kembali, kenali penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim pesan berikut.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan

Agar sobat lebih mudah dalam mengatasi pesan WhatsApp yang tidak bisa dikirim, penyebabnya harus diketahui terlebih dahulu. Untuk mempermudah sobat mengidentifikasi penyebab pesan WA yang tidak bisa dikirim, berikut penyebab yang mungkin bisa terjadi:

Tidak Ada Jaringan Internet

Jika sobat ingin mengirim pesan WA, pastikan untuk mengecek ketersediaan jaringan internet. Sinyal internet yang terputus bisa menghambat proses pengiriman pesan WA, sehingga pesan menjadi tidak terkirim.

Nomor Diblokir

Jika ada jaringan internet tapi pesan juga tetap tidak bisa dikirim, bisa jadi nomor sobat sudah diblokir oleh penerima pesan. Selain tidak bisa mengirim pesan, sobat juga tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun video call.

WhatsApp Mengalami Gangguan

Terkadang tidak hanya sobat saja yang mengalami masalah ini. Hal ini biasanya disebabkan oleh server WhatsApp yang sedang down, sehingga berdampak pada seluruh pengguna WA.

WhatsApp Bermasalah

WhatsApp yang sudah sobat terkadang mengalami masalah, seperti bug yang membuat WA tidak bisa kirim pesan.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Terkirim

WA Tidak Bisa Kirim Pesan
WA Tidak Bisa Kirim Pesan

Agar pesan WA bisa sukses terkirim, sobat bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

Gunakan Koneksi Internet yang Lancar

Agar pesan WA bisa sukses terkirim, sobat perlu memastikan bahwa jaringan internet tidak mengalami masalah. Untuk jaringan internet yang lebih stabil, manfaatkan koneksi wifi.

Restart HP

Sobat juga bisa mencoba melakukan restart HP untuk mengatasi pesan yang tidak terkirim. Selain itu, jika HP yang digunakan bukan jenis HP baterai tanam, sobat juga bisa melepas baterai.

Clear Cache dan Data WhatsApp

Bug bisa menyebabkan pesan WA sulit untuk dikirim. Untuk mengatasinya, sobat bisa menghapus cache dan data WhatsApp. Hanya saja, cara ini kadang bisa membuka akun ter-logout. Jadi, sebelum mencoba cara ini, pastikan untuk mem-backup data terlebih dahulu ya?

Update WhatsApp

Pihak pengembang WhatsApp biasanya akan memperbaharui aplikasi ini secara berkala. Selain untuk menambahkan fitur baru, pembaruan WA juga bisa mengatasi masalah yang sering dialami oleh penggunanya.

Pastikan Nomor Tidak Terblokir

Jika nomor sobat sudah terblokir, hal ini akan sulit mengirim pesan ke nomor tersebut. Cara mengetahuinya cukup dengan melihat tanda centang pada pesan yang dikirimkan. Jika tanda centang tidak juga berubah menjadi tanda centang dua, bisa dimungkinkan nomor sobat sudah diblokir oleh penerima pesan.

WA tidak bisa kirim pesan bukanlah masalah yang bisa sobat anggap remeh. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, sobat bisa mengirim pesan WA tanpa kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *