WhatsApp Tidak Ada Suara, Simak Cara Mengatasinya

By | Juli 19, 2020

Sobat, pernahkah saat online ternyata ada notifikasi WhatsApp yang tidak diketahui? Nah, ternyata setelah dicek WhatsApp tidak ada suara. Agar notifikasi WhatsApp tidak terhambat, sobat perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mempermudah mengatasinya.

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi

Cara termudah untuk mengetahui WhatsApp tidak berbunyi bisa dilihat dari pengaturan notifikasinya. Beberapa orang mungkin terganggu dengan notifikasi WhatsApp yang selalu berbunyi dan kemudian mengubah pengaturan notifikasi WhatsApp menjadi kondisi mute. Selain itu, pengaturan nada dering dalam keadaan diam juga bisa memicu ketidaktahuan jika ada notifikasi WhatsApp.

Penyebab lainnya bisa terjadi karena adanya bug WhatsApp. Kondisi ini bisa terjadi karena aanya eror pada HP ataupun dari aplikasi WhatsApp sendiri.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Ada Suara

WhatsApp Tidak Ada Suara
WhatsApp Tidak Ada Suara

Jika sobat sudah mengetahui penyebab notifikasi WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tetapi, jika terjadi bug WhatsApp, sobat bisa mencoba satu per satu cara agar notifikasi WhatsApp bisa berbunyi kembali.

Aktifkan Notifikasi WhatsApp

Agar notifikasi WhatsApp bisa berbunyi kembali, sobat bisa memeriksa pengaturan notifikasi. Caranya cukup mudah:

  • Buka Pengaturan
  • Klik menu Aplikasi, kemudian pilih WhatsApp
  • Klik kolom Aktifkan Notifikasi dengan cara menggeser hingga tombol berubah warna.

Pastikan HP Tidak Dalam Kondisi Diam

Jika notifikasi WhatsApp sudah aktif, sobat juga harus memastikan bahwa HP tidak dalam kondisi diam. Untuk mengecek, coba pastikan pengaturan suara HP tidak dalam mode diam pada menu Pengaturan. Sobat juga bisa melihatnya di pintasan pengaturan untuk memastikan suara dering HP aktif.

Force Stop WhatsApp

Jika sobat sudah mencoba cara sebelumnya tetapi masih saja WhatsApp tidak ada suara, coba force stop WhatsApp untuk mengatasi bug WhatsApp. Force stop atau paksa berhenti ini bisa sobat lakukan dengan cara:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi dan klik WhatsApp
  • Klik Paksa Berhenti

Sobat bisa membuka aplikasi WhatsApp kembali setelah melakukan force stop. Jika masih ragu, sobat bisa me-restart HP agar WhatsApp bisa berjalan normal kembali.

Baca juga : Whatsapp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Menghapus Cache WhatsApp

Terkadang cache WhatsApp bisa menjadi penyebab notifikasi WhatsApp tidak berbunyi. Sobat bisa menghapus cache WhatsApp agar tidak ketinggalan lagi jika ada notifikasi WhatsApp yang masuk.

Pastikan untuk Meng-upgrade Versi Terbaru WhatsApp

Untuk mendapatkan pembaharuan dari masalah yang dialami WhatsApp secara umum, sobat bisa meng-upgrade WhatsApp ke versi terbaru. Sobat bisa melihat notifikasi pembaharuan di PlayStore sebelum waktu untuk memperbaharui aplikasi habis dan WhatsApp tidak bisa dibuka karena belum di-upgrade.

Re-install WhatsApp

Jika cara di atas belum bisa mengatasi permasalahan notifikasi WhatsApp yang tidak berbunyi, coba untuk uninstall aplikasi. Setelah itu, unduh aplikasi dan coba kembali untuk digunakan. Hanya saja untuk cara ini biasanya sobat akan kehilangan pesan yang belum terbaca dan beberapa pesan yang sudah dibintangi.

Untuk mengatasi WhatsApp tidak ada suara pastikan untuk melakukan cara yang aman ya? Pastikan untuk mem-backup data sebelum mengatasi permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *