Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

By | Juni 23, 2021

Di era serba digital seperti saat ini, seharusnya masyarakat memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan taraf perekonomiannya. Ya, seiring perkembangan teknologi, peluang bisnis melalui internet sudah semakin banyak, bahkan bisa dilakukan oleh siapapun. Tak hanya itu, beberapa cara mendapatkan uang dari internet pun bisa Anda lakukan tanpa modal.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sumber gambar : https://thesourcedenver.com/

Anda yang mungkin tidak memiliki basic dalam dunia teknik informatika pun bisa mencoba peruntungan melalui internet. Hanya berbekal kemauan, keuletan dan skill, Anda bisa menghasilkan uang dalam jumlah relatif banyak.

8 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Secara Mudah

Sebenarnya ada begitu banyak referensi bisnis yang bisa Anda jalankan melalui internet. Hanya saja, untuk mampu menjalankan bisnis tersebut, Anda perlu menengok kembali passion dan skill yang Anda miliki. Dengan mempertimbangkan, passion, skill serta minat, Anda akan lebih bersemangat dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Nah berikut adalah beberapa contoh bisnis atau cara mendapatkan uang melalui internet.

Bergabung Dengan Afiliasi

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang melalui internet secara cepat ialah bergabung dengan afiliasi. Prinsip kerja afiliasi ialah dengan mempromosikan produk dari mitra bisnis Anda. Setelah berhasil menjual produk tersebut, baik produk digital maupun non digital, Anda akan mendapatkan income.

Sumber gambar: https://pandagila.com/

Pendapatan ini diperoleh dengan sistem revenue sharing atau berbagi pendapatan. Beberapa perusahaan juga biasanya sudah menentukan nominal yang akan Anda dapatkan dalam setiap kali transaksi penjualan produk.

Untuk mendaftar afiliasi, Anda bisa mencari perusahaan yang menawarkan pemasaran secara afiliasi atau melalui website afiliasi, seperti Program Afiliasi Indonesia atau Amazon Affiliates. Proses pendaftaran pun biasanya gratis.

Membuat Blog

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis dan sharing informasi, alangkah lebih baik jika hobi tersebut mulai dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan. Anda bisa membuat blog sebagai wadah menulis dan berbagi informasi, sekaligus sumber pendapatan Anda.

Sumber gambar: http://kim-putrajaya-dasuk.blogspot.com/

Konten yang bisa Anda unggah dalam blog pun tidak ada ketentuan pakemnya. Dengan begitu, segala macam niche bisa Anda unggah untuk dibaca oleh visitor blog. Bahkan Anda juga bisa mengunggah konten yang sifatnya kehidupan sehari-hari, semisal review produk yang biasa Anda gunakan.

Jika Anda berniat untuk menjadikan blog tersebut sebagai sumber penghasilan, sebaiknya langsung berlangganan hosting. Karena blog gratis biasanya mempunyai beberapa kelemahan untuk menghasilkan uang.

Sudah begitu banyak blogger muda yang sukses dan dapat merauk pendapatan hingga puluhan bahkan ratusan juta perbulan lho!

Membuka Toko Online

Di era pandemi seperti saat ini, masyarakat jauh lebih memilih untuk melakukan pembelian secara online. Meski gaya hidup seperti ini sudah mulai dilakukan masyarakat global sejak beberapa tahun terakhir, namun ketika pandemi Covid-19 menyerang dunia, peminat toko online semakin meningkat.

Sumber gambar: www.xendit.co

Segala macam produk bisa Anda jual melalui toko online, mulai dari makanan, perabot rumah tangga, produk elektronik, kerajinan seni dan masih banyak lainnya.

Disini Anda bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial sebagai media promosi dan penjualan, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan toko tersebut pada marketplace.

Nah kunci sukses untuk menjalankan bisnis online shop ini antara lain adalah :

  • Menjual produk berkualitas dengan keunikan tersendiri
  • Harga bersahabat
  • Produk difoto dengan sebaik mungkin, agar display toko terlihat lebih menarik
  • Teknik pemasaran kekinian, seperti sering mengadakan giveaway.

Software Developer

Anda seorang programmer? Kemampuan yang tidak dimiliki oleh setiap orang ini tentu sangat sayang jika tak Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Salah satu peluang bisnis yang bisa Anda jalankan dengan berbekal kemampuan coding ialah menjadi software developer.

Tak tanggung-tanggung, pendapatan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini bisa mencapai angka puluhan-ratusan juta perbulan. Perbedaan pendapatan ini bisa didasari oleh beberapa faktor, seperti bahasa pemrograman yang Anda kuasai, jenis software yang bisa Anda buat serta link klien yang Anda miliki.

Selain menawarkannya pada sebuah perusahaan, Anda juga bisa menjual software dengan cara seperti berikut :

  • Membagikannya secara gratis serta menjualnya dalam versi premium melalui website pribadi Anda.
  • Menjualnya melalui Apple Store atau Play Store (sesuai sistem operasi).
  • Menjualnya melalui sistem Saas (Software as a Service)
  • Menawarkannya dengan versi trial di website serta menawarkan lisensinya.
  • Menerima pesanan pembuatan software khusus melalui website pribadi Anda.

Jasa Online Coaching

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya bisa dilakukan dengan membuka jasa online coaching. Ya, bagi Anda yang memiliki minat tinggi untuk mengajar dan mempunyai skill tertentu untuk dibagikan, jasa online coaching adalah pilihan yang sangat menggiurkan.

Saat ini banyak orang yang sudah mulai tertarik dengan sistem belajar secara online, baik untuk ilmu formal maupun non formal. Salah satu ilmu yang banyak dipelajari melalui kursus online adalah pemrograman dan desain grafis.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa melihat beberapa website yang menawarkan jasa serupa. Umumnya, masing-masing website akan menawarkan kelas belajar dengan sistem berbeda-beda, seperti melalui video interaktif ataupun modul yang mudah dipelajari.

Jasa Desain Grafis

Untuk mewujudkan sebuah konsep/ide menjadi tampilan visual yang menarik bukanlah hal yang mudah. Keahlian seorang desain grafis sangat dibutuhkan disini. Ya, bisnis yang cocok untuk Anda yang memiliki sense of art tinggi ini juga memiliki peluang yang sangat besar.

Cara mendapatkan klien dari bisnis ini pun cukup mudah. Anda bisa menawarkan jasa melalui website khusus freelancer, media sosial ataupun website pribadi Anda. Untuk lebih meyakinkan calon klien, pastikan Anda memiliki portofolio yang menarik.

Menyediakan Jasa Content Writer

Memiliki kemampuan sekaligus hobi menulis? Kemampuan ini bisa Anda manfaatkan menjadi sumber penghasilan melalui beberapa sektor bisnis. Salah satu yang bisa dilakukan melalui internet adalah menyediakan jasa content writer.Bahkan jasa content writer sendiri termasuk 6 pekerjaan paling dicari pada website freelance.

Sumber gambar: https://www.ekrut.com/

Bisnis tanpa modal ini bisa Anda mulai sejak nol. Cara pemasarannya pun bisa Anda lakukan persis seperti jasa desain grafis, yakni melalui website pribadi, website khusus freelancer ataupun sosial media.

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus, Anda juga bisa mencoba peruntungan di website luar, seperti Freelancer, Upwork, Fiver dan lain sebagainya. Tentu harga jasa yang bisa Anda tawarkan jauh lebih tinggi.

Menjadi YouTuber

Saat ini profesi sebagai seorang YouTuber tampaknya sedang digandrungi banyak kalangan. Bukan hanya public figur, namun masyarakat umum pun banyak yang mulai mencari penghasilan dari YouTube.

Selain menjadi seorang vlogger, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan editing video dan menghasilkan karya-karya menarik lain yang siap diunggah pada YouTube. Dengan teknik pemasaran dan kreativitas tinggi, Anda bisa menarik viewer dan subscriber dalam waktu singkat.
Tentunya pemasaran/proses promosi konten Anda juga harus dilakukan melalui media lain, khususnya sosial media.

Delapan cara mendapatkan uang dari internet di atas bisa Anda coba sesuai dengan kemampuan dan minat. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang besar, dibutuhkan waktu dan usaha yang keras. Jadi setelah Anda memulai, jangan mudah putus asa dan terus tekuni bisnis yang Anda jalankan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *