Cara-Mengetahui-Lokasi-Teman-FB-yang-Online

Cara Mengetahui Lokasi Teman FB yang Online

Diposting pada

Pernahkah sobat kepo dengan lokasi teman Facebook yang sedang online? Kini sobat bisa melacak lokasi teman FB tanpa ketahuan oleh pemilik akun. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengetahui lokasi teman FB yang online.

Adanya fitur FB yang bisa melacak keberadaan pengguna FB lain tentunya akan memudahkan sobat untuk mengetahui teman atau pasangan dengan lebih mudah. Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan jika pengguna FB sedang online.

Melacak Lokasi Pengguna Facebook

Facebook terus memperbaharui beragam fitur unggulan untuk memudahkan penggunanya. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu fitur baru yang disematkan oleh pihak Facebook. Salah satu fitur dari Facebook yang bisa sobat akses adalah fitur lacak lokasi.

Adanya fitur ini mulanya digunakan untuk mendeteksi lokasi pengguna FB guna keperluan iklan. Jadi, jangan heran jika sobat sering melihat iklan di FB yang ternyata lokasi usahanya berdekatan dengan lokasi sobat saat ini.

Dengan adanya fitur ini, melacak lokasi teman FB bisa dilakukan secara real-time. Jika pada aplikasi lain membutuhkan persetujuan dari pihak pengguna yang bersangkutan. Belakangan Facebook sudah memperbaharui fiturnya untuk bisa melacak lokasi pengguna FB lain tanpa harus menunggu persetujuan.

Cara mengetahui lokasi teman FB yang online bisa sobat lakukan dengan mengaktifkan fitur ‘Location Services’. Hanya saja, seiring perkembangan teknologi, Facebook mampu mendeteksi lokasi pengguna Facebook yang tidak mengaktifkan fitur tersebut.

Baca lainnya : Penyebab dan Cara Membuka Akun Facebook yang Diblokir oleh pihak Facebook

Meski fitur ‘Location Services’ tidak diaktifkan, Facebook mampu mendeteksi lokasi pengguna dengan postingan dan aktivitasnya di Facebook. Hal paling mudah yang bisa sobat temukan adalah dengan adanya fitur marketplace yang akan mempertemukan sobat dengan penjual yang berada di sekitar lokasi sobat saat ini.

Facebook menggunakan IP (Internet Protocol) untuk memperoleh lokasi terkini pengguna. Jadi, sobat tidak perlu khawatir jika pengguna FB yang ingin diketahui lokasinya mengetahui lokasinya sedang dilacak.

Cara Melacak Lokasi Teman FB

Dengan adanya fitur lacak teman FB, sobat akan mudah menemukan lokasi teman FB ataupun pengguna FB lain yang sedang online. Menariknya, untuk bisa menikmati fitur ini sobat tidak perlu mengunduh ekstensi ataupun aplikasi lain pada HP Android. Hanya saja, untuk bisa menikmati fitur ini pastikan pengguna FB yang ingin dilacak lokasinya dalam kondisi online ya?

  1. Buka Facebook, bisa menggunakan PC atau aplikasi Facebook. Sebaiknya tidak menggunakan aplikasi Facebook Lite.
  2. Klik menu atau ikon garis tiga dan cari menu ‘Nearby Friends’.
  3. Akan ada permintaan untuk mengaktifkan fitur ‘Turn On Location’ dan tekan ‘Allow’.
  4. Akan muncul daftar teman yang ada di sekitar.
  5. Jika ingin menyapa lewat Messenger, klik profilnya.

Cara mengetahui lokasi teman FB yang online tersebut dijamin tidak akan membuat sobat ketahuan. Mudah bukan? Yuk dicoba.