Ambil Uang di ATM BRI: Panduan Lengkap dan Tips Aman

Mengambil uang di ATM BRI adalah aktivitas umum yang dilakukan nasabah. Namun, penting untuk mengetahui cara yang benar dan aman untuk melakukannya. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil uang di ATM BRI, limit penarikan, biaya, keamanan, dan alternatif pengambilan uang.

Selain memberikan panduan teknis, artikel ini juga akan membahas tips keamanan untuk menjaga uang Anda tetap aman saat menggunakan ATM BRI. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa transaksi pengambilan uang Anda berjalan lancar dan aman.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Mengambil uang di ATM BRI itu mudah dan praktis. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

Memasukkan Kartu

Masukkan kartu ATM BRI Anda ke dalam slot yang tersedia. Pastikan posisi kartu benar, dengan chip menghadap ke atas dan strip magnetik menghadap ke bawah.

Memasukkan PIN

Setelah kartu masuk, Anda akan diminta memasukkan PIN. Masukkan PIN Anda dengan hati-hati, pastikan tidak ada orang lain yang melihatnya.

Memilih Jumlah Penarikan

Setelah PIN dimasukkan, pilih jumlah uang yang ingin Anda tarik. Anda dapat memilih nominal yang sudah tersedia atau memasukkan jumlah secara manual.

Mengambil Uang

Setelah jumlah penarikan dipilih, mesin ATM akan mengeluarkan uang. Ambil uang tersebut dan simpan dengan aman.

Opsi Penarikan Lainnya

Selain penarikan tunai, ATM BRI juga menyediakan opsi penarikan lainnya, seperti:

  • Penarikan Tanpa Kartu:Anda dapat mengambil uang tanpa kartu ATM dengan menggunakan aplikasi BRImo.
  • Penarikan Cepat:Anda dapat menarik uang tanpa memasukkan PIN dengan menggunakan fitur penarikan cepat yang tersedia di beberapa ATM BRI.

Limit Penarikan Uang di ATM BRI: Ambil Uang Di Atm Bri

Ambil uang di atm bri

Nasabah BRI dapat menarik uang tunai melalui ATM dengan memperhatikan limit yang telah ditentukan. Limit ini bervariasi tergantung jenis kartu ATM dan saldo rekening.

Batas Penarikan Harian, Mingguan, dan Bulanan

Berikut tabel batas penarikan uang di ATM BRI:

Jenis Kartu Limit Harian Limit Mingguan Limit Bulanan
BRI Debit Classic Rp 5.000.000 Rp 10.000.000 Rp 20.000.000
BRI Debit Gold Rp 10.000.000 Rp 20.000.000 Rp 40.000.000
BRI Debit Platinum Rp 20.000.000 Rp 40.000.000 Rp 80.000.000

Faktor yang Mempengaruhi Limit Penarikan

Selain jenis kartu, limit penarikan juga dapat dipengaruhi oleh faktor berikut:

  • Saldo rekening: Limit penarikan tidak dapat melebihi saldo rekening.
  • Ketersediaan dana di ATM: Jika dana di ATM tidak mencukupi, limit penarikan akan disesuaikan.

Mengatasi Limit Penarikan yang Terlampaui

Jika limit penarikan terlampaui, nasabah dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Menarik uang di ATM lain yang menyediakan limit lebih besar.
  • Melakukan transaksi di kantor cabang BRI.
  • Menghubungi layanan pelanggan BRI untuk meminta penyesuaian limit.

Biaya Penarikan Uang di ATM BRI

Atm uang bri ambil syariah

Menarik uang di ATM BRI merupakan salah satu cara mudah dan cepat untuk mendapatkan uang tunai. Namun, ada beberapa biaya yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi ini. Berikut penjelasannya:

Biaya Penarikan di ATM Sendiri

Untuk penarikan uang di ATM BRI sendiri, nasabah tidak dikenakan biaya. Artinya, nasabah dapat menarik uang tunai sebanyak yang dibutuhkan tanpa harus membayar biaya tambahan.

Biaya Penarikan di ATM Bank Lain

Jika nasabah menarik uang di ATM bank lain, akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per transaksi. Biaya ini akan dipotong langsung dari saldo rekening nasabah.

Perbandingan Biaya dengan Metode Lain

Dibandingkan dengan metode lain, penarikan uang di ATM BRI memiliki biaya yang relatif lebih rendah. Penarikan uang di teller biasanya dikenakan biaya sebesar Rp 25.000, sedangkan penarikan uang melalui mobile banking dikenakan biaya Rp 6.500 per transaksi.

Cara Menghemat Biaya Penarikan Uang di ATM BRI

Untuk menghemat biaya penarikan uang di ATM BRI, nasabah dapat melakukan beberapa cara berikut:

  • Tarik uang dalam jumlah besar sekaligus untuk meminimalkan jumlah transaksi.
  • Gunakan ATM BRI sendiri untuk menghindari biaya penarikan di ATM bank lain.
  • Jika terpaksa menarik uang di ATM bank lain, pilih ATM yang memiliki biaya penarikan yang lebih rendah.

Keamanan Pengambilan Uang di ATM BRI

Pengambilan uang di ATM BRI dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan untuk memastikan transaksi yang aman. Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang diterapkan dan tips untuk menjaga keamanan saat mengambil uang di ATM BRI:

Fitur Keamanan ATM BRI

  • PIN (Personal Identification Number): PIN adalah nomor rahasia yang digunakan untuk mengakses rekening dan melakukan transaksi di ATM. Pastikan untuk merahasiakan PIN Anda dan jangan pernah mengungkapkannya kepada siapa pun.
  • Kartu Chip: Kartu ATM BRI dilengkapi dengan chip yang menyimpan informasi kartu secara aman dan mempersulit penipuan.
  • Kamera Keamanan: ATM BRI dilengkapi dengan kamera keamanan yang merekam aktivitas di sekitar mesin untuk mencegah kejahatan dan membantu mengidentifikasi penipu.
  • Pencahayaan Terang: Area ATM biasanya memiliki pencahayaan yang terang untuk mencegah orang asing bersembunyi dan melakukan kejahatan.
  • Sistem Pemantauan Transaksi: BRI memiliki sistem pemantauan transaksi yang mendeteksi aktivitas mencurigakan dan memblokir transaksi yang berpotensi menipu.

Tips Menjaga Keamanan Saat Mengambil Uang di ATM BRI

  • Tutupi PIN Anda: Saat memasukkan PIN, pastikan Anda menutupi keypad dengan tangan Anda untuk mencegah orang lain melihatnya.
  • Berhati-hati terhadap Orang Asing: Jika Anda merasa ada orang yang mencurigakan di sekitar ATM, segera tinggalkan area tersebut dan laporkan ke petugas keamanan atau pihak berwenang.
  • Hindari Pengambilan Uang pada Malam Hari: Sebaiknya hindari mengambil uang di ATM pada malam hari atau di lokasi yang sepi.
  • Simpan Bukti Transaksi: Setelah mengambil uang, simpanlah bukti transaksi untuk referensi jika terjadi kesalahan.
  • Laporkan Kartu Hilang atau Dicuri Segera: Jika kartu ATM Anda hilang atau dicuri, segera laporkan ke BRI untuk memblokir kartu dan mencegah penyalahgunaan.

Alternatif Pengambilan Uang Selain ATM BRI

Selain ATM BRI, terdapat alternatif pengambilan uang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. Alternatif ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas, sehingga Anda dapat mengakses uang kapan saja dan di mana saja.

Teller Bank

Teller bank adalah petugas bank yang dapat membantu Anda mengambil uang tunai dari rekening Anda. Keuntungan mengambil uang melalui teller adalah Anda dapat langsung mendapatkan uang tunai dalam jumlah yang Anda butuhkan. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mengunjungi cabang bank dan mengantre untuk dilayani.

Mobile Banking

Mobile banking memungkinkan Anda untuk mengakses rekening bank Anda melalui aplikasi di ponsel Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk mengambil uang tunai. Keuntungan mobile banking adalah Anda dapat mengambil uang tunai kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengunjungi cabang bank.

Namun, Anda harus memastikan bahwa ponsel Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Layanan Pengiriman Uang

Layanan pengiriman uang, seperti Western Union dan MoneyGram, memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang secara internasional. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengambil uang tunai yang dikirimkan kepada Anda dari luar negeri. Keuntungan layanan pengiriman uang adalah Anda dapat mengambil uang tunai dengan mudah dan cepat.

Namun, Anda harus membayar biaya untuk menggunakan layanan ini.

Kesimpulan

Ambil uang di atm bri

Dengan memahami cara mengambil uang di ATM BRI dengan benar, Anda dapat menghemat waktu dan uang. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan keamanan saat menggunakan ATM, dan jangan ragu untuk menghubungi bank jika Anda mengalami masalah. Selamat bertransaksi!

Pertanyaan yang Sering Muncul

Berapa limit penarikan harian di ATM BRI?

Limit penarikan harian untuk kartu ATM BRI berbeda-beda tergantung jenis kartu dan saldo rekening.

Apakah ada biaya untuk mengambil uang di ATM BRI?

Ya, ada biaya penarikan uang di ATM BRI, yaitu Rp 6.500 untuk transaksi di ATM sendiri dan Rp 7.500 untuk transaksi di ATM bank lain.

Bagaimana cara menjaga keamanan saat mengambil uang di ATM BRI?

Tutupi PIN Anda saat memasukkannya, berhati-hatilah terhadap orang asing, dan segera laporkan ke bank jika kartu ATM Anda hilang atau dicuri.

Tinggalkan komentar